Sebanyak 26 mahasiswa Universits Gadjah Mada berhasil lolos melaju dalam Olimpiade Nasional MIPA (ON-MIPA) tingkat Nasional. Menurut rencana, ON-MIPA Nasional akan diadakan pada 14-17 Mei mendatang di Semarang. Diikuti 256 peserta mahasiswa dari 14 wilayah yang terbagi dalam empat bidang yakni matematika, kimia, fisika, dan biologi.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D., mengatakan mahasiswa UGM yang berhasil terpilih melaju ke nasional setelah sebelumnya melalui seleksi di tingkat regional kopertis wilayah V di Museum Diponegoro Yogyakarta pada 22-23 Maret lalu. Dalam seleksi tingkat regional, UGM mengirimkan 28 mahasiswa terbaiknya yang diperoleh dari seleksi di tingkat universitas untuk mengikuti seleksi di empat bidang.

Delegasi UGM yang berhasil lolos ke nasional tersebut terdiri dari 24 mahasiswa yang terpilih dari seleksi regional meliputi 6 mahasiswa bidang biologi, 5 mahasiswa bidang fisika, 6 mahasiswa bidang kimia, serta 7 mahasiswa bidang matematika. Ditambah dengan 2 mahasiswa untuk berlomba di bidang biologi dan kimia yang memperoleh medali perak pada seleksi OSN Pertamina.

“Dengan formasi ini  diharapkan bisa meraih hasil maksimal di nasional nantinya,” tuturnya, Jum’at (7/4) di UGM.

Menghadapi kompetisi pada tingkat nasional mendatang,  pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi agar delegasi mahasiswa UGM nantinya dapat tampil secara maksimal dan mencatat prestasi yang membanggakan UGM. Salah satunya dengan memberikan pembinaan dan pelatihan secara intensif pada kontingen ON-MIPA UGM. Pembekalan tidak hanya dari dosen pembina, tetapi turut melibatkan para alumni ON-MIPA UGM dalam pelatihan.

“Harapannya prestasi bisa meningkat dari tahun 2016 lalu dengan raihan 2 emas, 6 perak dan 7 perunggu serta 2 honourabel mention. Semoga tahun ini perolehan medali lebih banyak dan UGM bisa menjadi Juara Umum ON-MIPA 2017,”paparnya. (Humas UGM/Ika)