UNAIR NEWS – Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki suhu cuaca relatif panas. Suhu panas ini bisa memantik masalah serius, yaitu derasnya keringat yang berlebih dan bau badan (BB) yang terjadi pada masyarakat, sehingga dapat menurunkan kepercayaan diri.

Berangkat dari masalah itulah lima mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Noor Annisa Mones (2016), Nurullia Tanjung (2016), Anita Probo (2016), Ade Prima (2016), dan Fayruz Aquila (2014), membuat <a href=”#” alt=”inovasi mahasiswa terbaru solusi universitas airlangga”> inovasi</a> produk yang dapat mengatasi keringat berlebihan dan bau badan, sekaligusmencegah noda kuning pada ketiak baju.

Keberhasilan <a href=”#” alt=”inovasi mahasiswa terbaru solusi universitas airlangga”> inovasi</a>nya itu kemudian dituangkan dalam proposal pada <a href=# alt=”Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K)”>Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K)</a> dengan judul <a href=”#” alt =“COOLPACK SUKET (Cooling Pack Sehat untuk Ketiak)”>“COOLPACK SUKET (Cooling Pack Sehat untuk Ketiak)”</a>. Setelah dinilai oleh <a href=”#” alt = “Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi”>Kemristekdikti</a>, proposal ini lolos untuk memperoleh dana pengembangan dalam program <a href=# alt=”Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K)”>PKM-K</a> tahun 2016.

Inovasi kelima mahasiswa UNAIR ini menghasilkan produk Aloe-deopads, produk yang terdiri dari pads dan gel yang mengandung <a href=”#” alt=”lidah buaya aloe vera”>lidah buaya (Aloe vera L.)</a>. Menurut Noor Annisa Mones, Ketua Tim  <a href=# alt=”Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K)”>PKM-K</a> dari Fak. Farmasi UNAIR ini, hasil inovasinya ini sudah melalui survei pasar dengan responden mahasiswa dan masyarakat dan menuai respon sangat baik.

“Kami telah melakukan survei pasar menggunakan angket online dan hasilnya cukup baik di masyarakat. Survei itu kami lakukan pada Maret 2017 dengan 69 responden yang merasa penasaran dengan produk kami dan berharap produk ini segera direalisasikan,” terang Mones.

Pads yang dapat menempel pada baju yang disertai gel <a href=”#” alt=”lidah buaya aloe vera”>Aloe vera L.</a> ini berkhasiat dapat meminimalkan tumbuhnya bakteri penyebab bau badan. Aloe-deopads merupakan alternatif dari deodorant yang dapat digunakan masyarakat untuk mengatasi keringat berlebih dan bau badan.

 <a href=”#” alt=”lidah buaya aloe vera”>Aloe vera L.</a> atau lidah buaya mengandung senyawa antrakuinon yang dapat menangkal bakteri, sehingga dapat mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Selain itu gel <a href=”#” alt=”lidah buaya aloe vera”>Aloe vera L.</a> ini memiliki kandungan air yang tinggi yang bersifat dingin sehingga dapat mengatasi keringat berlebih.

Mones Dkk juga mengemas hasil inovasinya ini dengan desain yang unik, sehingga mampu menarik minat calon pembeli. Aloe-deopads dapat dipesan melalui LINE dengan id @flh8206j atau Instagram dengan akun aloedeopads.

Cara penggunaan Aloe-deopads ini dengan menempelkan pads pada bagian dalam ketiak baju. Kemudian gel  <a href=”#” alt=”lidah buaya aloe vera”>Aloe vera L.</a>. dioleskan pada pads sesuai takaran. Aloe-deopads ini dinyatakan aman karena gel  <a href=”#” alt=”lidah buaya aloe vera”>Aloe vera L.</a>. yang kami gunakan sudah terbukti manfaatnya. Oleh sebab itu, konsumen tidak perlu ragu menggunakannya untuk mencegah keringat berlebihannya.

“Dengan harga Rp 25.000 konsumen akan mendapatkan dua pasang Aloe-deopads yang memberikan sensasi dingin pada ketiak, sehingga tak perlu malu lagi akibat keringat berlebih,” kata Mones. (*)

Sumber : http://news.unair.ac.id/2017/06/08/aloe-deopads-mahasiswa-farmasi-unair-dapat-atasi-keringat-dan-bau-badan/