Dalam rangka mendorong peningkatan kemampuan Iptek, yang diikuti dengan penguatan inovasi nasional untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia, juga membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai tujuan dari riset Iptek dalam penciptaan nilai tambah komersil, ekonomi dan atau sosial-budaya secara berkelanjutan, serta memberikan dorongan kepada para pelaku inovasi agar dapat terpacu dalam mewujudkan ide kreatif dalam penciptaan nilai tambah, baik sebagai individu maupun melalu kemitraan dan kerjasama antar unsur inovasi, maka perlu diselenggarakan penganugerahan Iptek.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengharapkan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari dapat mengikuti atau berpartisipasi pada program ini (Lembaga dan/atau perorangan sesuai anugerahnya). Informasi lengkap program anugerah ini dapat dilihat di http://hakteknas.ristekdikti.go.id dan  http://anugerah.ristekdikti.go.id atau http://202.46.1.185/.

Penganugerahan akan diberikan dalam beberapa kategori, sebagai berikut:

  1. Anugerah Budhipura, untuk mengapresiasi Pemerintah Provinsi dalam penguatan sistem inovasi kepada Pemerintah Kabupaten/Kota.
  2. Anugerah Budhipraja, untuk mengapresiasi Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah mandiri dalam pelaksanaan Sistem Inovasi Daerah dan pemanfaatan inovasi dan teknologi dalam pelayanan publik.
  3. Anugerah Pandega Widyatama, untuk mengapresiasi pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan oleh Kementerian dalam rangka mendorong pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan nasional.
  4. Anugerah Prayoga Sala, untuk mengapresiasi dukungan penguatan inovasi yang dilakukan oleh unit kerja pranata penelitian, pengembangan dan perekayasaan pada Pusat Unggulan Iptek dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan.
  5. Anugerah Widyapadhi, untuk mengapresiasi Perguruan Tinggi yang telah melakukan upaya produksi penelitian dan pengembangan nasional menjadi produk inovasi, fasilitas pusat inovasi, lembaga training of trainer (TOT), lembaga inkubasi dan kerjasama dengan industri.
  6. Anugerah Abyudaya, untuk mengapresiasi sektor industri yang telah berperan aktif dalam pemanfaatan dan upaya produksi hasil penelitian dan pengembangan nasional menjadi produk inovasi, kapasitas penelitian dan pengembangan, SDM, anggaran serta jejaring bagi wahana dan penguatan inovasi.
  7. Anugerah Adibrata, untuk mengapresiasi masyarakat ilmiah, peneliti dan perekayasa yang telah berperan dalam menghasilkan inovasi yang dapat menghasilkan nilai tambah, baik dalam bentuk komersil, ekonomi maupun sosial-budaya.
  8. Anugerah Labdha Kretya, untuk mengapresiasi masyarakat akar rumput inovatif dan kreatif yang telah berperan aktif dalam mendorong terbentuknya budaya inovasi yang berdaya saing.

Pengisian dapat dilakukan mulai tanggal 21 Juni 2016 sampai 15 Juli 2016