Jakarta – Program HELM (Higher Education Leadership and Management) yang di jalankan oleh USAID (United States Agency for International Development) sudah berakhir. Acara perpisahan pun diselenggarakan di Auditorium gedung d Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, pada Rabu (21/9). Acara ini dihadiri oleh Andrea Bosch (Chief Of Party HELM), Erin Mckee (Mission Director USAID), Brian McFeeters (Charge d’affaires US Embassy) dan perwakilan dari Kementerian Patdono Suwignjo (Dirjen Kelembagaan Iptek dan dikti). Selain itu acara ini juga di hadiri oleh perwakilan dari 50 Perguruan Tinggi yang menjadi mitra HELM selama 5 tahun terakhir.

Proyek kerja sama antara USAID HELM dan Kemenristekdikti ini diarahkan pada empat area utama, yaitu: Kepemimpinan dan Administrasi Umum, Manajemen Keuangan, Penjaminan Mutu, dan Kolaborasi dengan Pihak Eksternal. Menurut Andrea Bosch, Pemerintah Indonesia dan Keduataan Besar Amerika Serikat sama-sama menjadi bagian penting dari perjalanan USAID HELM dalam 5 tahun terakhir. “Saya sangat beruntung mempunyai banyak partisipan yang berkolaborasi dengan kami, mulai dari Banda Aceh hingga Jayapura,” ungkapnya.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh Patdono yang mewakili Menristekdikti. Patdono mengatakan, ”saya meminta untuk USAID membuat program yang lain agar tahun depan bisa berjalan, dan program ini berkaitan dengan program HELM yang sudah berjalan selama 5 tahun. Semoga semua yang sudah terlibat dalam HELM ketika sudah pulang ke negaranya masing-masing dapat merasakan kesan yang baik dengan Indonesia. Kemudian kedepan kita dapat meneruskan program disini lebih baik lagi.”

Menurut Patdono program ini sangat sayang jika tidak dilanjutkan. Oleh karena itu sangat diharapkan USAID dapat bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia agar membuat project baru pada tahun 2017. “Saya yakin project yang selanjutnya akan lebih cepat berkembang dibandingkan oleh progress Project HELM karena kita sudah memiliki pengalaman kerjasama yang baik antara Perguruan Tinggi di Indonesia dengan USAID Project. Dan sekali lagi saya mengucapkan banyak terima kasih atas kerja sama USAID selama 5 tahun terakhir ini,” tutupnya. (DZI)