Surat Nomor: 1164/E.E2.4/LN/2013
Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi

Dalam rangka promosi pendidikan tinggi Indonesia kepada dunia internasional, dengan hormat kami sampaikan bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi berencana akan mengkoordinir keikutsertaan Delegasi Pendidikan Tinggi Indonesia dalam dua kegiatan Konferensi dan Pameran Pendidikan Tinggi, yaitu:

  1. EAIE (European Association on International Education) 2013, dengan tema “Weaving The Future of Global Partnerships” yang akan diselenggarakan di Istanbul Congress Center pada tanggal 10-13 September 2013.  Informasi tentang kegiatan ini dapat dilihat pada laman www.eaie.org/istanbul;
  2. IHEE (Indonesian Higher Education Expo) 2013. Pameran Pendidikan Tinggi Indonesia yang diselenggarakan secara mandiri oleh Ditjen Pendidikan Tinggi yang pada tahun ini memasuki tahun ketiga penyelenggaraan. IHEE 2013 direncanakan akan diselenggarakan di Songkhla Thailand Selatan. Direncanakan kegiatan ini akan dilaksanakan antara bulan Juli-Agustus 2013.

Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan media yang tepat untuk menyebarluaskan informasi mengenai pendidikan tinggi di Indonesia, menarik minat mahasiswa internasional untuk belajar di perguruan tinggi Indonesia sekaligus menjajagi kemungkinan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan tinggi di kawasan Asia Pasifik dan Eropa.

Sehubungan dengan hal tersebut kami menawarkan kepada perguruan tinggi Bapak/Ibu untuk berpartisipasi dalam kegiatan dimaksud. Ditjen Pendidikan Tinggi akan memfasilitasi pembiayaan sewa stand pameran dan pengiriman materi publikasi pada setiap kegiatan dimaksud serta memberikan bantuan pendaftaran, perjalanan, dana komodasi bagi 15 PT untuk kegiatan IHEE dan 8 PT untuk kegiatan EAIE. Bantuan tersebut akan diberikan kepada 1 orang perwakilan masing-masing perguruan tinggi terpilih. Untuk mendapatkan bantuan dimaksud dan sebagai bahan seleksi, perguruan tinggi harus menyerahkan proposal yang berisi:

  1. Pilihankegiatan yang diminati (perguruan tinggi dipersilahkan untuk berpartisipasi dalam beberapa kegiatan, namun hanya satu kegiatan saja yang akan dibantu pembiayaannya oleh Ditjen Pendidikan Tinggi) dengan mengisi formulir kesediaan untuk berpartisipasi (terlampir);
  2. Keberadaan Kantor Urusan Internasional maupun unit lain yang mempunyai fungsi pelayanan kerjasama luar negeri yang dibuktikan dengan melampirkan SK Rektor/ Pimpinan Perguruan Tinggi;
  3. Khusus untuk kegiatan EAIE, harap melampirkan bukti korespondensi dengan mitra kerjasama di luar negeri yang akan ditindaklanjuti dalam kegiatan;
  4. Rencana kerja dan target yang akan dicapai selama mengikuti kegiatan-kegiatan dimaksud;
  5. Contoh bahan publikasi dan promosi dalam versi bahasa Inggris.

Proposal tersebut harus sudah kami terima selambat-lambatnya pada tanggal 1 April 2013 pada pukul 14.00 WIB pada alamat:

Direktur Kelembagaan dan Kerjasama
U.p. Kasubdit Kerjasama Antar Lembaga
Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Ged. D Lt. 6 Komplek Kemdikbud RI
Jl. Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan Jakarta 10270

Bantuan ini diprioritaskan bagi perguruan tinggi yang belum pernah mendapatkan bantuan pembiayaan pada kegiatan-kegiatan dimaksud pada tahun sebelumnya. Kami pun memberikan peluang bagi Perguruan Tinggi yang berminat untuk berpartisipasi atas biaya sendiri.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon dapat menghubungi:

  1. EAIE 2013, sdri. Laela Sifa (081617218863/lsifa@dikti.go.id);
  2. IHEE 2013, sdri. Afriana Dyah Ratnapuri (0818462446/aratnapuri@dikti.go.id) dan sdr. Panji Tiyas Pratama (085643040398/ptiyas@dikti.go.id).

Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terimakasih.

 

Jakarta, 18 Februari 2013
Direktur Kelembagaan dan Kerjasama

Ttd.

Achmad Jazidie
NIP 195902191986101001

 

Tembusan:
1.  Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi
2.  Sekretaris Ditjen Pendidikan Tinggi
3.  Kabiro PKLN Kemdikbud
4.  Atdikbud RI negara terkait
5.  BP Dit. Lemkerma

 
Surat Tawaran Pameran 2013 selengkapnya 

Formulir Kesediaan