Jakarta, 17 Mei 2013-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh dan Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi menandatangani perjanjian kerja sama terkait pengelolaan Rumah Sakit (RS) Pendidikan di 19 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki Fakultas Kedokteran.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berupaya mengoptimalkan pengelolaan dan pelayanan kesehatan RS Pendidikan. Hal ini merupakan inisiasi dari temuan Badan Pemeriksa keuangan (BPK) tahun 2009/2010. BPK mengungkapkan bahwa RS Pendidikan yang dibangun dengan dana Rp 2,7 trilliun belum maksimal dimanfaatkan.

Nuh optimis kerja sama ini dapat berangsur-angsur menyelesaikan masalah yang telah ada sejak empat tahun lalu tersebut. “Saat ini, kami akhirnya duduk bersama agar pelayanan kesehatan dapat berjalan dan 19 rumah sakit itu berjalan optimal,” ujar Nuh.

Senada dengan Nuh, Nafsiah berharap bahwa RS Pendidikan dapat dilengkapi sehingga meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan Indonesia. “Kolaborasi ini merupakan kerja sama yang positif demi meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah,” ucap Nafsiah.