Delegasi mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) UGM berhasil menyabet tiga juara dalam kejuaraaan 3rd Hypothalamus Competition 2017. Kegiatan berlangsung pada 23-26 Maret 2017 di Universitas Jember, Jawa Timur.

Dalam kompetisi ilmiah tahunan yang mengangkat tema “Holistic Approach to Hold Neurosensory Disorder” ini delegasi FK UGM berhasil meraih juara 1 kategori video edukasi yang diraih tim Likuidita Yona Ramadini, Alfi Kurnia Adha, dan M. Fathi B.A.F. Selanjutnya, juara 2 kategori video edukasi yang diperoleh tim beranggotakan Shofuro Hasana, Annisa Nurul P.S., dan Putri Raudina Alifah. Berikutnya, juara 3 kategori poster publik oleh tim Alfi Kurnia Adha dan M. Fathi B.A.F.

“Bersyukur dan bangga delegasi FK UGM bisa meraih tiga juara dalam kompetisi ini, bersaing dengan ratusan tim dari berbagai universitas di Indonesia” ucapnya, Annisa, perwakilan delegasi FK UGM Rabu (5/4) di kampus setempat.

Annisa menyampaikan kompetisi kali ini diikuti lebih dari 100 tim dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Mempertandingkan lima cabang lomba yaitu poster ilmiah, literature review, postrer publik, video edukasi, serta esai ilmiah.

“Dari ratusan tim yang mendaftar diambil 10 tim/peserta terbaik di masing-masing cabang lomba untuk masuk babak final,”jelasnya.

Di babak final, 10 tim terbaik diberikan kesempatan untuk memperesentasikan karya ilmiah yang diajukan. Dalam kompetisi ini tim FK UGM peraih juara 1 video edukasi mengajukan video tentang pentingnya menjaga kesehatan telinga. Sementara tim FK peraih juara 2 video edukasi mengajukan karya tentang pengelolaan pestisida secara tepat. Sedangkan tim FK UGM peraih juara 3 poster publik mengusung karya menjaga kesehatan pendengaran yaitu mendengarkan musik melalui headphone dengan volume tidak lebih dari 60 persen selama 60 menit per hari.

Annisa mengaku senang dan bangga atas prestasi yang telah diraih. Dia berharap delegasi FK UGM bisa terus mengukir prestasi yang semakin gemilang di perlombaan serupa di tahun-tahun selanjutnya. Tidak hanya itu, prestasi yang telah diraih dapat menginspirasi dan memotivasi mahasiswa UGM lainnya untuk berprestasi di bidang masing-masing. (Humas UGM/Ika)