TANGSEL – Pada 4 September 2016 genap sudah usia Universitas Terbuka (UT) memasuki angka ke-32 tahun. Dalam rangka Dies Natalis UT ke-32, Senin (5/9), UT menyelenggarakan acara perayaan yang bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Pamulang Tangerang Selatan. Dengan tema yang diusung pada Dies Natalis UT kali ini yaitu “Empat Windu Membangun Negeriku”. Acara ini adalah puncak hari rangkaian perayaan Dies Natalis UT ke-32 yang telah dimulai sejak bulan Mei lalu.

Rektor UT Tian Belawati dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa dalam rangka menjamin kualitas pelayanan pendidikan UT, akreditasi atau review kualitas secara rutin terus dilakukan.

“Hingga saat ini UT memiliki 35 program studi yang telah diakreditasi BAN-PT. Pada tahun 2016 ini, UT memperoleh akreditasi A dari BAN-PT untuk 4 program studi, yakni S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Administrasi Bisnis, S1 Manajemen, dan S1 Sosiologi,” imbuh Tian Belawati.

Staf Ahli Menristekdikti Bidang Akademik Paulina Pannen mengatakan keunikan UT sebagai perguruan tinggi jarak jauh di Indonesia telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia yang terampil dan terdidik. UT juga telah menghadirkan pendidikan tinggi berkualitas yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada.

“Melalui UT tidak ada lagi batas geografis yang menjadi kendala masyarakat bangsa Indonesia untuk berpartisipasi dalam pendidikan tinggi,” ujar Paulina yang mewakili Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

UT merupakan perguruan tinggi terbesar di Indonesia terutama dari sisi jumlah mahasiswa. Dalam paradigma pendidikan tinggi sekarang kualitas pendidikan tinggi tidak hanya diukur dari sisi jumlah mahasiswa saja, untuk bertransformasi ke arah peningkatan kualitas. Kemenristekdikti sangat mengapresiasi UT dengan telah diperolehnya akrediatasi A untuk 4 prodi Universitas Terbuka.

“Selamat Dies Natalis Ke-32 UT, Marilah kita maknai Dies Natalis UT sebagai momentum transformasi bagi UT menuju perguruan tinggi terbuka jarak jauh yang andal dan berkualitas,” ajak Paulina pada akhir sambutannya.

Pada kesempatan ini, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi juga menyerahkan beasiswa bidikmisi kepada mahasiswa UT berprestasi. (nf)