Fakultas Imu Komputer (FILKOM) memperkenalkan karya hasil penelitiannya di bidang aplikasi mobile dan robotika pada Expo Pendidikan dan Teknologi Universitas Brawijaya di Gedung Samantha Krida (17-19/01/2017). Gelaran tersebut dihadiri oleh siswa SMA/sederajat dari wilayah Jawa. Pada expo tersebut para siswa siswi SMA/sederajat dapat memperoleh berbagai informasi melalui paparan dari setiap perwakilan fakultas yang ada di UB. Selain itu juga dapat menyaksikan serta melakukan observasi langsung hasil karya penelitian yang sudah pernah dibuat oleh setiap fakultas.

Hasil penelitian yang ditampilkan FILKOM adalah karya grup riset teknologi media, game dan piranti bergerak (MGM) serta grup riset embedded system dan robotika. Disampaikan oleh M. Yusuf Hidayat, mahasiswa program studi teknik komputer yang bertugas di stand FILKOM selama masa expo bahwa setiap grup riset menampilkan masing-masing tiga hasil penelitiannya. Grup riset MGM menampilkan tiga aplikasi mobile meliputi game puzzle dunia, game labyrinth yang memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR) dan aplikasi informasi yang diberi nama Jatim Explore.

Game puzzle dunia dimainkan dengan mencocokkan potongan peta dunia dan meletakkannya di posisi yang tepat. Game ini berguna untuk mengajarkan pengguna tentang letak geografis berbagai negara di dunia. Sementara itu aplikasi Jatim (Jawa Timur) Explore adalah aplikasi yang menyediakan berbagai informasi mengenai 38 kota dan kabupaten yang ada di Jatim. Pengguna aplikasi ini dapat dengan mudah memperoleh informasi tentang tempat wisata, tempat makan, transportasi, rumah sakit, pusat perbelanjaan, penginapan, kantor polisi dan fasilitas olahraga yang ada di setiap kota. Deskripsi setiap tempat disajikan dengan baik dan aplikasi juga terintegrasi dengan GPS, sehingga mempemudah pengguna yang ingin mengunjungi lokasi bersangkutan.

Grup riset embedded system dan robotika menampilkan karya robot hasil penelitiannya, meliputi robot humanoid, robot lego dan Robot Pemadam Api. Robot humanoid adalah robot yang memiliki kemampuan untuk menirukan gerakan manusia. Robot lego adalah robot yang dapat dibongkar pasang sesuai dengan keinginan pengguna. Sedangkan robot pemadam api adalah robot pemadam kebakaran yang dilengkapi dengan tujuh sensor meliputi sensor jarak, uv tron, TPA81, sensor arah, sensor garis, sharp R dan sensor suara. Keseluruhan sensor ini membuat robot tipe pemadam api memiliki kemampuan mendeteksi api dan kemudian menyemprotkan air secara otomatis pada sumber api. Robot pemadam api juga dapat mendeteksi halangan yang ada dihadapannya serta mendeteksi garis sehingga kemudian dapat bergerak otomatis menuju sumber api yang akan dipadamkan.

Siswa yang hadir antusias melihat dan mengobservasi berbagai hasil penelitian yang ditampilkan oleh perwakilan FILKOM pada kesempatan tersebut. Diharapkan berbagai informasi yang diberikan pada siswa SMA/SMK/sederajat yang hadir dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih bidang keminatan mereka untuk studi lebih lanjut. [dna/Humas UB]

sumber: http://prasetya.ub.ac.id/berita/FILKOM-Perkenalkan-Aplikasi-Mobile-dan-Robotika-di-Expo-Pendidikan-dan-Teknologi-19320-id.html