JAKARTA – Global Educational Supplies and Solutions (GESS) Indonesia 2016 sebagai sarana berkumpulnya pemerhati pendidikan dari seluruh dunia resmi dibuka, rabu (14/9). Hadir pada kesempatan pembukaan GESS secara resmi adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Staf Ahli Menristekdikti Bidang Akademik Paulina Pannen.

Perhelatan konferensi yang didukung oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ini akan digelar dari tanggal 14-16 September di Jakarta Convention Center (JCC) dan akan banyak membahas dan menemukan solusi dari permasalahan pendidikan yang ada di seluruh dunia.

Pada pameran dan konferensi GESS Indonesia kali ini, para ahli pendidikan lokal dan internasional terkemuka akan berkumpul untuk membahas cara terbaik untuk memetakan pertumbuhan masa depan sektor pendidikan di Indonesia secara keseluruhan.

Menurut Wagub DKI Jakarta Djarot Syaefullah tantangan Indonesia ke depan adalah kualitas sumber daya manusia.

“Jalan satu-satunya untuk menghadapi itu adalah pendidikan. Peran guru dan dosen amat penting, karena beban kemuliaan itu melekat pada guru dan dosen, bagaimana kemuliaan dan karakter positif harus bisa ditransfer ke anak-anak kita di masa depan,” ujarnya.

Andil Kemristekdikti

GESS Indonesia memiliki lebih dari 120 sesi, lokakarya dan presentasi yang mencakup berbagai topik dan tema yang dirancang untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di kelas, bersamaan dengan pameran yang menampilkan berbagai macam produk dan solusi dari pemasok terkemuka pendidikan dari seluruh dunia.

Pada perhelatan kali ini, Kemristekdikti juga memamerkan berbagai produk-produk layanan unggulan dari Kemristekdikti terkait pendidikan tinggi, sekaligus membuka forum diskusi langsung antara pengunjung dengan Kemristekdikti di booth Pameran.

Salah satu produk yang dipamerkan adalah Guru Pintar Online (GPO) dari Universitas Terbuka, yaitu sebuah portal yang didedikasikan untuk para guru di seluruh pelosok Indonesia agar dapat mengakses sumber belajar dengan cepat, mudah, dan murah.

Kata “Pintar” merupakan kependekan kata dari Pintu Interaksi Antar Guru. Seluruh masyarakat guru dapat memanfaatkan portal GPO sebagai sumber untuk peningkatan profesionalisme secara berkelanjutan. (Dzi)

Galeri