SERPONG – Pagelaran forum para pemerhati inovasi dan inovator seluruh dunia, Tanggerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF) secara resmi ditutup pada 23/09/2016 . Event TGIF 2016 yang mengangkat tema “Innovation For Sustainable Development” tersebut, telah diselenggarakan di hall kawasan Puspiptek Serpong pada 20 – 23 September 2016.

Pada acara penutupan yang dipimpin oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, berlangsung cukup meriah. Tampilan dan tatanan warna, serta kesenian dari berbagai daerah menutup dengan sempurna gelaran yang di selenggarakan oleh pemerintah kota Tangsel dan kemenristekdikti.

Kepala puspiptek Sri Setiawati, Keon Sun Taik selaku Walikota Daejeon Metropolitan City, Benyamin Davnie Wakil Walikota Tangerang Selatan pejabat UNESCO, pejabat kemenristekdikti, dan para delegasi dari dalam dan luar negeri beserta seluruh jajaran Kepala Dinas SKPD Kota Tangerang Selatan tampak hadir dalam acara tersebut.

“Kami sangat berterimakasih kepada panitia TGIF, World Technopolis Association (WTA), dan seluruh peserta TGIF 2016. Saya sangat mengapresiasi kegiatan GIF yang pada tahun 2016 ini diselenggarakan di kota Tanggerang Selatan”, ujar Airin dalam sambutannya.

Pada kesempatan ini, Mr. Keon Sun Taik Walikota Daejeon Metropolitan City juga memberikan cenderamata kepada walikota Tangsel, dan kepala puspiptek, dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Salah satu peserta forum yang juga menjabat sebagai kepala pusdiklat kemenristekdikti, Wisnu S Soenarso, mengatakan bahwa pelaksanaan tgif 2016 dinilai cukup sukses dan berhasil. “Saya pikir pelaksanaan tgif kali ini cukup sukses dan berhasil karena kita dapat menggalang hubungan internasional dan juga kemitraan di antara kota-kota dan perguruan tinggi serta lembaga litbang di indonesia untuk sama-sama kita membangun networking, jejaring inovasi di dunia”, ujar Wisnu di sela sela acara penutupan.

“Dan untuk kedepannya, tentunya kita sudah mengeluarkan komunikasi bersama, tinggal tahun depan kita melaksanakannya dari hasil-hasil pernyataan tersebut, dimana jejaring kemitraan antara lembaga litbang, perguruan tinggi, pemerintah, dan dunia bisnis harus segera diwujudkan dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan kita bersama, artinya semua bangsa dan negara ikut mengambil peran dan juga manfaaat dari kerjasama kemitraan internasional ini” tambahnya.

Event TGIF 2016 ini dihadiri oleh pelaku industri, akademisi, dan praktisi bisnis teknologi tinggi dari berbagai negara. Untuk mengenalkan pengembangan Science Techno Park (STP) ke berbagai daerah lainnya, Kota Tangerang Selatan turut mengundang Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) serta Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dalam acara ini.