DIKTI- Hasil Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 diumumkan hari ini, Sabtu (9/5). Dalam siaran pers yang dilaksanakan sesaat sebelum pengumuman diunggah ke publik, panitia seleksi menjelaskan mekanisme proses seleksi.

Dibandingkan tahun lalu, jumlah peserta pada tahun ini meningkat sepuluh persen. Tercatat siswa yang mendaftar sejumlah 852.093. Mereka mendaftar di 63 Perguruan Tinggi Negeri dengan program studi pilihan masing-masing. Dari bidang ilmu saintek, Teknik Informatika, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Farmasi menjadi program studi dengan jumlah peminat teratas. Sedangkan bidang soshum, program studi manajemen, akuntansi, dan ilmu komunikasi menjadi pilihan paling favorit.

Dalam rilisnya, panitia menetapkan jumlah peserta yang lolos seleksi ini sejumlah 137.005. Dari jumlah tersebut, 31.908 diantaranya merupakan pemeroleh kuota beasiswa Bidikmisi. Peserta yang dinyatakan lolos masih akan diverifikasi dengan hadir menunjukkan data akademik (rapor dan portofolio asli) yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat SNMPTN diterima. Verifikasi tersebut dilaksanakan tanggal 9 Juni 2015.

Ketua Umum SNMPTN 2015, Prof. Dr. Rochmat Wahab mengatakan, 15.000 kuota yang disediakan tidak bisa terpenuhi sebab banyak faktor, diantaranya sistem passing grade nilai rapor yang ditetapkan panitia. Selain itu ada pula yang terpental prasyarat kesertaan Ujian Nasional (UN).

“Ternyata ada peserta yang sesungguhnya lulus seleksi ini namun tidak mengikuti UN, sehingga sistem otomatis menghapus kelolosannya,” ujarnya.

Informasi lengkap mengenai penetapan kelolosan peserta dapat disimak mulai hari ini, sabtu (9/5)pukul 17.00 pada laman http://www.snmptn.ac.id dan nama-nama peserta yang lolos SNMPTN 2015 dapat diunduh dalam tautan berikut ini: 01-Pengumuman Hasil SNMPTN 2015

(nrs)