BALI – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik mengadakan Rapat Koordinasi Kehumasan PTN/Kopertis 2017 yang di selenggarakan pada tanggal 27-29 Juli 2017 di Novotel Hotel Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali.

Rakor Kehumasan 2017 ini dibuka oleh Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Nada Marsudi. Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh kurang lebih 120 peserta yang berasal dari PTN dan Kopertis seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Nada Marsudi menyampaikan bahwa humas itu tidak harus berlatarbelakang kehumasan, siapapun bisa menjadi humas. Karena setiap orang sejak lahir memiliki jiwa bersosialisasi.

“Siapapun dan apapun background anda bisa menjadi seorang humas,” ucapnya.

Namun menurutnya untuk menjadi humas yang baik tetap dibutuhkan struktur, knowledge, dan manajemen yang baik pula, serta dapat memposisikan kehumasan sebagai biduk informasi utama institusi.

Nada menjelaskan, perhatian Pemerintah sendiri terhadap kehumasan dalam beberapa tahun belakangan ini mengalami peningkatan yang signifikan.Pada  tahun 2015, Presiden  RI Joko Widodo menerbitkan  Instruksi Presiden No.9 Tahun 2015 yang  mengamanatkan seluruh Kementerian/Lembaga untuk aktif menyampaikan informasi program dan kebijakan Pemerintah kepada masyarakat melalui  berbagai saluran  komunikasi secara tepat,  cepat, obyektif, berkualitas, berwawasan nasional dan mudah dimengerti, karena membangun relasi antar lembaga PTN itu sangat penting.

Hadir juga sebagai pembicara utama pada kamis malam (27/7) itu adalah salah satu dosen sekaligus peneliti di bidang komunikasi dari Universitas Brawijaya, Rachmat Kriyantono.

“Humas itu bertugas secara mulia dalam menggenggam citra dan informasi. Humas bisa dari golongan manapun, selagi orang itu mampu memberikan informasi dengan baik kepada masyarakat dengan prinsip kehumasan,” tutur Rachmat.

Pada forum besar ini akan menghadirkan para pembicara yang merupakan ahli atau profesional pada bidang kehumasan antara lain Guru Besar dari UI Ibnu Hamad, Heri Rakhmadi dan beberapa narasumber lain yang kompeten di bidang komunikasi dan kehumasan.

Dengan forum ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan koordinasi seluruh Humas PTN dan Kopertis dengan Humas di Kementerian baik agar fungsi humas yang ada di masing-masing lembaga berjalan lebih optimal. (DZI/WDP)