Beranda » Berita Pendidikan » Unnes Luncurkan 108 E-Journal

Unnes Luncurkan 108 E-Journal

JAKARTA - Guna memenuhi anjuran Dikti untuk meningkatkan kebiasaan menulis dalam jurnal ilmiah, Universitas Negeri Semarang (Unnes) melucurkan 108 jurnal elektronik (e-journal). Ke-108 jurnal itu berasal dari semua fakultas dan program studi, baik jenjang sarjana maupun pascasarjana di Universitas Konservasi tersebut.

Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo mengungkap, selain sejalan dengan kebijakan paperless yang dikembangkan Unnes, kehadiran jurnal ilmiah tersebut juga untuk menjawab kebutuhan yang sangat besar dalam mempublikasikan karya ilmiah dosen dan mahasiswa. “Tak terbatas bagi mahasiswa dan dosen Unnes, tapi bagi semua warga akademik di seluruh negeri ini, bahkan di seluruh dunia,” ungkap Sudijono, seperti dikutip dari laman Unnes, Kamis (19/7/2012).

Sudijono menambah, peluncuran  jurnal sejalan dengan kebijakan Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait kewajiban setiap lulusan, baik S-1, S-2, maupun S-3 untuk mempublikasikan puncak karya akademiknya lewat jurnal ilmiah. “Kehadiran 108 e-journal Unnes merupakan prestasi akademik yang patut diapresiasi sekaligus dirawat,” tandasnya.

Menurut Sudijono, salah satu kekuatan terpenting perguruan tinggi terletak pada karya keilmuan. “Kalau perguruan tinggi tidak memiliki karya keilmuan, tinggal menunggu keruntuhan. Perguruan tinggi itu pasti tidak akan dipercaya dan ditinggalkan oleh masyarakat. Apa artinya perguruan tinggi bisa meluluskan mahasiswanya dengan begitu cepat jika dari sana tidak ada karya keilmuan yang lahir?” katanya menambahkan.

Keberadaan e-journal ini, lanjut Sudijono, tidak hanya diperuntukan bagi kalangan akademisi tapi juga untuk masyarakat luas. “Unnes hadir karena masyarakat, maka untuk masyarakatlah Unnes diberikan. Termasuk 108 e-journal ini, hadir dipersembahkan kepada masyarakat luas,” tukas Sudijono.(mrg)

Sumber: Okezone