Beranda » Berita Pendidikan » UNS Lantik 5.541 Mahasiswa Baru

UNS Lantik 5.541 Mahasiswa Baru

SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melantik 5.541 mahasiswa baru pada upacara penyerahan calon mahasiswa baru strata 1 (S-1). Upacara yang dipimpin Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS, ini digelar di halaman Rektorat UNS, Kampus Kentingan Solo, Jawa Tengah, Kamis (9/8/2012).

Pelantikan ditandai dengan penyematan pin Active dan penyerahan kartu mahasiswa oleh Rektor UNS kepada wakil mahasiswa dari sembilan fakultas yang ada di UNS. Dalam upacara ini juga diserahkan beasiswa Bidik Misi kepada 950 mahasiswa tahun akademik 2012/2013. Besaran beasiswa adalah Rp6 juta per semester per mahasiswa, yakni Rp2,4 juta untuk biaya pendidikan dan Rp3,6 juta untuk biaya hidup,.

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Prof Drs. Sutarno, M.Sc, PhD berkata, penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2012/2013 dilaksanakan pada 56 program studi dari sembilan fakultas. SPMB UNS ini dilaksanakan melalui empat jalur.

“Keempat jalur itu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur Undangan, SNMPTN jalur ujian tulis, SPMB Swadana dan SPMB jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) khusus dua prodi baru yaitu PTIK dan Hubungan Internasional,” ujar Sutarno.

Prof. Sutarno, yang juga Pembantu Rektor I UNS itu, berujar, di antara mahasiswa baru yang diterima terdapat empat mahasiswa warga negara asing, dan tujuh mahasiswa program afirmasi dari Propinsi Papua dan Papua Barat.(rfa)

Sumber: Okezone