Beranda » Kabar Dikti » Ditjen Dikti Buka Tes Seleksi Gelombang Dua Program SM-3T

Ditjen Dikti Buka Tes Seleksi Gelombang Dua Program SM-3T

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan kembali membuka peluang dan kesempatan bagi Sarjana Pendidikan terbaik untuk kembali mengikuti tes seleksi on line gelombang ke-dua program  Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3T). Tes gelombang ke-dua ini akan dilaksanakan pada tanggal 3-6 September 2012.

Pendaftaran tes seleksi on line gelombang kedua akan dimulai sejak tanggal 11-26 Agustus 2012, dan untuk pengumuman hasil seleksi sendiri akan diumumkan tanggal  30 atau 31 Agustus 2012. Ditjen Dikti Menghimbau 17 LPTK penyelenggara program SM-3T untuk segera mensosialisasikan tes gelombang ke-dua tersebut, agar para pemangku kepentingan dan masyarakat mengetahui secara jelas peluang dan kesempatan bagi para Sarjana Pendidikan yang ingin mengabdikan diri untuk mendidik anak-anak bangsa di sudut-sudut Nusantara.

Pada tes seleksi on line gelombang ke-dua ini, Ditjen Dikti memperluas peluang bagi Sarjana Pendidikan dengan konsentrasi program studi seperti Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Seni dan Bimbingan Konseling, keenam program studi ini adalah tambahan dari program studi yang sebelumnya ditawarkan pada gelombang pertama. Penambahan program studi tersebut didasarkan atas permintaan pemerintah daerah akan kebutuhan pendidik pengampu mata pelajaran yang dihasilkan oleh program studi tersebut.

Tes seleksi on-line gelombang ke-dua ini tidak hanya bagi Sarjana Pendidikan yang baru ingin mendaftar, melainkan juga bagi mereka yang telah mengikuti tes seleksi on-line gelombang pertama tetapi tercatat belum lolos seleksi.

Informasi lebih lanjut, proses pendaftaran dan seleksi nasional sendiri akan dilaksanakan melalui sarana on line pada laman www.sm-3t.dikti.go.id atau langsung kepada LPTK penyelenggara program. Berikut adalah daftar LPTK penyelenggara program SM-3T:

  1. Universitas Negeri Medan
  2. Universitas Negeri Padang
  3. Universitas Negeri Surabaya
  4. Universitas Negeri Semarang
  5. Universitas Negeri Jakarta
  6. Universitas Negeri Makassar
  7. Universitas Pendidikan Indonesia
  8. Universitas Negeri Malang
  9. Universitas Negeri Yogjakarta
  10. Universitas Negeri Gorontalo
  11. Universitas Negeri Manado
  12. Universitas Pendidikan Ganesha
  13. Universitas Syiah Kuala
  14. Universitas Riau
  15. Universitas Nusa Cendana
  16. Universitas Tanjungpura
  17. Universitas Mulawarman