Beranda » Berita Pendidikan » DNA Bisa Jadi Media Penyimpan Data

DNA Bisa Jadi Media Penyimpan Data

SEJUMLAH peneliti dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, berhasil memasukkan 70 miliar kopi buku yang berbentuk kode biner ke dalam DNA.

Hasil dari kegiatan yang dilakukan oleh para peneliti dari Ilmu Rekayasa Biologi Institut Wyss Universitas Harvard itu sudah dipublikasikan dalam jurnal Science pada pekan lalu.

“Terdapat 1,8Zb (Zetabyte) informasi yang dibenamkan dalam empat gram DNA,” ujar peneliti senior Institut Wyss Sriram Kosuri.

Ia dan rekan-rekannya bermaksud untuk melestarikan buku teks Regenesis: How Synthetic Biology Will Reinvent Nature and Ourselves in DNA yang ditulis oleh tim peneliti profesor genetika Sekolah Medis Harvard George Church.

Para peneliti Harvard itu memasukkan 5,5Pb (Petabits) atau setara dengan 1 juta Gb, di DNA yang berukuran sedang. Karena proses memasukkan data berjalan sangat lambat, mereka berpikir DNA hanya cocok dijadikan sebagai media penyimpanan saja.

DNA sendiri telah dipandang oleh para ilmuwan berpotensi menjadi media penyimpanan yang paling baik karena ukurannya yang kecil serta umurnya yang mampu bertahan hingga ribuan tahun.(MI/BEY)

Sumber: Metrotv