Beranda » Berita Pendidikan » Program ‘Sarjana Mendidik’ Akan Diperluas

Program ‘Sarjana Mendidik’ Akan Diperluas

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) merupakan jalan pintas untuk menutup kekurangan guru. Itu mengapa pihaknya akan melanjutkan program tersebut sejalan dengan perluasan wilayahnya.

“Program ini shortcut untuk menutup kekurangan guru di daerah khusus. Itulah kenapa kita rekrut khusus dengan berbagai kompetensinya,” kata Nuh, di Jakarta, Jumat (24/8/2012).

Program SM3T mulai digulirkan pemerintah pada tahun lalu. Angkatan pertama program ini melibatkan sekitar 2600 sarjana untuk didistribusikan ke daerah yang membutuhkan.

Tahun ini, lanjut Nuh, jumlah sarjana yang akan berpartisipasi dalam program SM3T bertambah hingga sekitar 3.500-4.000 sarjana. Penambahan itu ditujukan untuk menutup 2.600 jumlah tenaga pendidik di gelombang pertama, ditambah perluasan wilayah baru.

“Jumlahnya akan bertambah, menutup gelombang pertama, dan menambah wilayah cakupannya,” ujar Nuh.

Kompensasi dari program ini adalah semua sarjana pendidik berhak mengikuti Pendidikan Pelatihan Guru (PPG) bersama Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) berasrama. Setelah lulus dan menerima sertifikat, masing-masing guru berhak menentukan pilihannya, apakah akan menjadi guru tetap di wilayah SM3T atau mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Sumber: Kompas