Beranda » Info Beasiswa » Sisa Kuota Bidikmisi Dialihkan ke Jalur UM

Sisa Kuota Bidikmisi Dialihkan ke Jalur UM

SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) mengalihkan sisa kuota Beasiswa Bidikmisi bagi pemohon yang tidak registrasi kepada mahasiswa tidak mampu dari jalur Ujian Mandiri (UM). Pengalihan kuota tersebut sebelumnya telah melalui tahapan verifikasi lapangan.

Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan, dari hasil verifikasi didapati 31 kursi kosong karena pemohon tidak melakukan daftar ulang. Tahun ini, lanjutnya, Undip mendapatkan kuota Beasiswa Bidikmisi 800 kursi. Kuota tersebut meningkat dari tahun lalu yang hanya 500 kursi.

”Kuota yang tidak terserap itu akan kami alihkan untuk mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Ujian Mandiri. Sebab, banyak juga mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang diterima melalui jalur itu,” ujarnya, kemarin.

Lebih lanjut Sudharto mengatakan, dari hasil verifikasi, ada dua pemohon yang akhirnya mengundurkan diri karena diketahui bahwa kondisi ekonomi orang tua mereka terbilang mampu. Selain itu, empat orang tidak lolos verifikasi. Sehubungan dengan hal itu, agar beasiswa tersebut tidak salah sasaran, tiap tahun dievaluasi.

Bidikmisi adalah program beasiswa dari pemerintah yang mengalokasikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa S-1 sejak dinyatakan diterima hingga delapan semester. Untuk program D-3, beasiswa tersebut diberikan selama enam semester.

Program tersebut mempunyai misi untuk menghidupkan harapan masyarakat kurang mampu yang memiliki potensi akademik tinggi sehingga bisa tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Bantuan yang diberikan terdiri atas bantuan biaya hidup minimal Rp 600.000/bulan dan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan maksimal Rp 2.4 juta/semester. (J9-60) (/)

Sumber: Suara Merdeka