Beranda » Kabar Dikti » Headline News » Program Afirmasi Pendidikan Tinggi

Program Afirmasi Pendidikan Tinggi

Calon Mahasiswa Program Afirmasi Pendidikan Tinggi

Papua, 31 Agustus 2012-747 Calon Mahasiswa Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (Dikti) siap kuliah di 32 Perguruan Tinggi Negeri Indonesia.

Program ini merupakan kerjasama antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti, Kemdikbud) serta Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B). Ratusan calon mahasiswa ini merupakan putra-putri asli Papua dan Papua Barat yang telah lolos seleksi.

Calon mahasiswa ini akan mengenyam pendidikan tinggi di 40 program pendidikan, diantaranya Fakultas Kedokteran, Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil, Arsitektur Lanskap, Teknik Mesin, Teknik Elektro,  Teknik Informatika,  Teknik Kimia, Teknik Sipil dan Lingkungan, Akutansi, Agrobisnis, Agroteknologi, Statistika, Peternakan, Perikanan Kelautan, Manajemen Sumber Daya, Manajemen Hutan, Manajemen Sumber Daya Perairan, Biologi, Ekonomi, Proteksi Tanaman dan Sastra Indonesia.

Perwakilan Pimpinan PTN terkait, turut hadir dalam serah terima calon mahasiswa Program Afirmasi Dikti yang diadakan di Universitas Cendrawasih, Papua (31/08). Mereka memberikan dukungan dan berharap akan berkembang ide-ide lain, seperti penelitian dan pengembangan, serta peningkatan mutu pendidikan sehingga menumbuhkan rasa kebangsaan dan keberpihakan pengembangan sumber daya manusia bagi masyarakat Papua dan Papua Barat.

“Idenya sederhana, untuk membangun Papua, ya harus pemuda asal Papua,” ujar Dirjen Dikti Djoko Santoso. Ia berharap ajang ini mampu membuka kesempatan dan berbagi pengalaman terkait pembangunan pendidikan serta sumber daya manusia. Mantan Rektor ITB yang kali ini juga menjabat sebagai Rektor UI sementara optimis, generasi muda Papua dapat bersama-sama suku lain untuk membangun Indonesia.