Beranda » Berita Pendidikan » “FAD Festival 2012″ di Unika Soegijapranata Semarang

“FAD Festival 2012″ di Unika Soegijapranata Semarang

Semarang (ANTARA News) – Universitas Katolik Soegijapranata Semarang menggandeng beberapa komunitas kreatif di Kota Semarang menampilkan karya kreatifnya dalam pameran arsitektur dan desain bertajuk “FAD Festival 2012″.

“Setidaknya ada enam komunitas di Semarang yang kami ajak menampilkan karya kreatifnya,” kata Ketua Panitia¬†FAD Festival 2012¬†Stefanus Bangkit, usai pembukaan pameran yang digelar di Gedung Sobokarti Semarang, Kamis.

Enam komunitas tersebut, yakni komunitas seni “Hysteria”, komunitas lukis dan sketsa “Orart Oret”, Outsiders, Komunitas Fotografer Semarang (KFS). Dua lainnya, Mirror dan Arsiket berasal dari Unika Soegijapranata Semarang.

Pada pameran tersebut, tampak berbagai karya seni kreatif dipamerkan, seperti lukisan dan seni instalasi dari komunitas Outsiders, desain dan maket bangunan, hingga foto-foto hasil-hasil jepretan anggota KFS dan Mirror.

Tampak pula hasil desain produk jamu “Ny Tambah Semarang” karya mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Unika Soegijapranata yang dituangkan dalam berbagai tempat, mulai kaos, seragam, pamflet, hingga gelas.

Menurut Stefanus, pameran itu memang dimaksudkan untuk merangkul komunitas-komunitas kreatif yang di kota Atlas dan memfasilitasi mereka memamerkan hasil karya kreatifnya yang selama ini tidak banyak dikenal masyarakat.

“Tidak semua orang, termasuk masyarakat Kota Semarang yang tahu bahwa kotanya memiliki segudang seniman muda yang kreatif. Melalui pameran ini, kami ingin tunjukkan hasil-hasil kreativitas seniman muda di sini,” katanya.

Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) FAD Unika Soegijapranata angkatan 2009 itu menyebutkan ada sekitar 20 karya mahasiswa yang ditampilkan, selebihnya adalah hasil kreasi anggota-anggota komunitas.

“Dari kami, di antaranya desain produk jamu Ny Tambah karya mahasiswa DKV FAD Unika, kemudian maket-maket bangunan karya mahasiswa arsitek yang kebanyakan semula merupakan hasil tugas akhir mahasiswa,” katanya.

Melalui pameran bertema “Imajinasi Seni Budaya Kota Semarang” yang digelar 6–8 September 2012 itu, mereka mengajak komunitas-komunitas yang ada di Semarang untuk bersama-sama berkreasi membangun kota Lumpia.
(KR-ZLS/D007)

Sumber: Antara