Beranda » Kabar Dikti » Kemdikbud Targetkan Pengumuman Seleksi CPNS Pertengahan Februari

Kemdikbud Targetkan Pengumuman Seleksi CPNS Pertengahan Februari

Jakarta, Kemdikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menargetkan pengumuman hasil seleksi CPNS Kemdikbud akan keluar di minggu ke tiga Februari 2014. Dari seluruh proses seleksi, hari ini, Selasa (11/02/2014) pagi, Biro Kepegawaian Kemdikbud mengumpulkan panitia seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari perguruan tinggi se Indonesia. Pertemuan tersebut dilakukan guna memverifikasi daftar kelulusan CPNS, sebelum diserahkan ke panitia seleksi nasional (Panselnas).

Kepala Biro Kepegawaian Kemdikbud Totok Suprayitno, menjelaskan, Kemdikbud termasuk kementerian yang memiliki cakupan seleksi CPNS terluas, sehingga baru mendapatkan hasil tes kemampuan dasar (TKD) para CPNS dari Panselnas di urutan akhir. “Itu sebabnya, kita bisa menyelenggarakan TKB dan mengumumkan hasil seleksi lebih lambat dari kementerian lainnya,” kata Totok usai pembukaan rakor dengan panitia CPNS dari perguruan tinggi, di Kantor Kemdikbud, Selasa (11/02/2014).

Kemdikbud, kata dia, menggelar TKD dan TKB di 174 titik dengan jumlah peserta sebanyak 35 ribu orang untuk TKD, dan untuk TKB hampir 16 ribu orang, termasuk para dosen. Dalam proses seleksi, kata Totok, mekanisme seleksi dosen berbeda dengan seleksi CPNS umum lainnya.

Sedikitnya ada empat jenis tes yang harus dilewati oleh para calon dosen. Mulai dari tes tertulis, tes wawancara, psikotes, dan tes kemampuan mengajar. Bahkan, beberapa universitas, fakultas, maupun jurusan, menyelenggarakan tes bahasa inggris.

“Metode tesnya khusus untuk dosen tak bisa sebentar, karena bidang pekerjaannya menuntut keahlian atau kompetensi yang spesifik. Kalau di unit utama sudah lama selesai, tapi pengumumannya harus serentak,” jelasnya.

Totok menegaskan, proses verifikasi akan diselesaikan sesegera mungkin, untuk selanjutnya disampaikan ke Panselnas. “Target kita minggu ini hasil seleksi yang terverifikasi masuk ke Panselnas,” katanya.

Jika telah sampai ke Panselnas, Kemdikbud tinggal menunggu berkas dari Panselnas untuk selanjutnya diumumkan secara resmi. “Target kita minggu ke tiga Februari, mudah-mudahan bisa ditepati. Tapi akan lain ceritanya jika Panselnas punya target sendiri,” pungkasnya.(Aline Rogeleonick)


 sumber: kemdikbud.go.id