Guna meningkatkan publikasi karya ilmiah di Perguruan Tinggi, Unsoed menyelenggarakan kuliah umum Visiting World Class Profesional 2016 dengan tema “Menyalakan Indonesia di Peta Ilmu Pengetahuan Dunia Sumbangsih Ilmuan Indonesia untuk Ibu Pertiwi”. Bertempat di gedung Rektorat Lt 1, Selasa (20/12), Acara yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Sumberdaya IPTEK & Pendidikan Tinggi ini,  menghadirkan Narasumber Prof. Siti Kusujiarti, Ph.D,  ahli sosiologi asal Indonesia yang kini menjadi akademisi di Warren Wilson College, AS dan diikuti oleh para dosen dan mahasiswa serta jajaran Biro Akademik dan Kemahasiswaan serta UPT Layanan Internasional UNSOED.

diaspora_3

Rektor, Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan bahwa untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah diharapkan para peneliti maupun akademisi dapat berkolaborasi dengan perguruan tinggi lain.  “Kita harus bisa mengembangkan kerjasama international yang bersifat kelembagaan maupun perseorangan dan meningkatkan pengetahuan/wawasan akademisi dalam negeri terkait dengan kompetensi penulisan jurnal ilmiah International,” jelasnya

diaspora_2

Prof. Siti Kusujiarti, Ph.D mengawali paparannya dengan menyampaikan peluang kerjasama international dalam penelitian, penulisan dan kegiatan Ilmiah yang lain. Prof Siti mengungkapkan bahwa kerjasama internasional dalam penelitian dapat menghasilkan kolaborasi/kerjasama Interkultural sehingga menambah beragam perspektif, memperkaya pengalaman di tingkat international dan menambah pengalaman international serta meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, publikasi dan pengajaran.  Meskipun ada juga tantangan dalam penelitian kerjasama International. “Diantara tantangan yang dihadapi adalah adanya perbedaan dalam sistem pendidikan di setiap negara, etika penelitian dalam persyaratan untuk memperoleh beasiswa melakukan penelitian serta perbedaan pandangan persepektif dalam pengalaman, kinerja dilapangan serta Outcome yang diharapkan,” jelasnya.  Selama tiga hari di UNSOED,  selain memberikan kuliah umum di rektorat, rencananya Prof. Atik – begitu biasa diakrabi – juga akan memberikan kuliah tentang penelitian dan publikasi internasional di FISIP UNSOED serta menjadi narasumber terkait dengan buruh migran dan keluarga  pada Pusat Penelitian Anak, Gender dan Pelayanan Masyarakat LPPM UNSOED. (Vin/HP/Wis)