Kemendikbud: Dosen Merupakan Kunci Kultur Akademik yang Baik

SIARAN PERS
Nomor: 10/sipres/II/2020

Bogor – Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Paristiyanti Nurwardani mengatakan dosen adalah kunci kultur akademik yang baik, karenanya penguatan konsep dosen penggerak harus dilakukan.

“Paling penting, siapa yang akan menginspirasi di kampus adalah dosen. Dosen harus memiliki target, seandainya tidak ada target, akan biasa-biasa saja,”ujar Paris saat menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di Amaroossa Royal Hotel, Bogor, Kamis (27/2).

Dalam kesempatan ini, Paris juga menyampaikan kewirausahaan akan mendapatkan hasil yang baik melalui riset dan inovasi.

“Berikan pengalaman untuk melakukan berbagai macam pola pikir berbagai macam jenis kewirausahaan dan kita pencarian keuntungan dari pengalaman. Pengalaman itu tidak bisa diberi dalam jenis uang, tetapi harus berlatih dan buat dulu dosennya berwirausaha, prodinya berwirausaha dan baru kampusnya berwirausaha,” jelas Sekretaris Ditjen Dikti dalam acara bertajuk Penguatan Kultur Akademik dan Kewirausahaan menuju Rekognisi Global.

Kegiatan wirausaha merupakan salah satu bentuk dari kegiatan mahasiswa yang dapat dilakukan di luar kampus dalam kebijakan Kampus Merdeka. Kebijakan ini memberikan kebebasan untuk selalu belajar dan berinovasi kepada dosen, mahasiswa serta kampus.

“Warisan terbesar sebuah perguruan tinggi adalah dapat menghasilkan lulusannya sebagai teladan di keluarga, tingkat wilayah nasional, regional, dan global,” pungkas Paris.(TJ/ADR/FH/YH)

Humas Ditjen Pendidikan Tinggi
Kemendikbud