Akademisi UI Beri Pelatihan untuk Perkuat Kapasitas Satgas Kampung Siaga COVID-19 di Depok

Universitas Indonesia (UI) melalui Tim Pengabdian Masyarakat (pengmas) yang diketuai oleh Dr. Dian Ayubi, SKM, MQIH (Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI), menginisiasi program pelatihan bertajuk “Peningkatan Kapasitas Satgas untuk Penguatan Kampung Siaga COVID-19” yang digelar pada November lalu di Kecamatan Pancoran Mas, Depok. Workshop ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengalaman satgas masyarakat dalam menghadapi COVID-19 di wilayahnya masing-masing. Sebanyak 40 orang satgas berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan secara daring.

Camat Kecamatan Pancoran Mas, H. Utang Wardaya Sanjaya, M.Pd., mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Pengmas UI. Menurutnya, “Kegiatan ini meningkatkan wawasan dan pengalaman satgas sehingga menguatkan kelembagaan Kampung Siaga Covid-19.”

dr. Hendrik Alamsyah, Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok, dalam pemaparannya menguraikan bahwa yang dimaksud dengan “satgas” adalah anggota satuan tugas yang berfungsi untuk melakukan edukasi serta mengajak partisipasi warga untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan RT/RW.

Baca Juga :  2.417 Peserta SMMPTN Lulus di Unsyiah

Untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para satgas ini salah satunya adalah dengan memberikan edukasi tentang pentingnya peran keluarga dalam memutus rantai penularan COVID-19, karena  klaster keluarga menjadi penyumbang cukup besar tingginya penularan virus COVID-19 di Indonesia. “Hal ini bisa terjadi karena warga sering membiarkan anak-anaknya bermain di lingkungan rumah tanpa melaksanakan protokol kesehatan. Anak-anak dapat berperan sebagai carrier (pembawa) virus,” ujar drg. Nessi Annisa Andari (Kepala Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga) pada pemaparannya.

Selain wawasan terkait COVID-19, hal lain yang harus diperhatikan adalah cara para satgas ini dapat menumbuhkan suasana yang kondusif saat melakukan edukasi ke warga. “Dalam hal ini, satgas harus bisa menjadi pendengar yang baik dan hindari menyela pembicaraan orang lain saat mendengar keluh kesah warga terkait pandemi COVID-19 ini,” ujar Dian Ayubi, yang juga merupakan salah satu fasilitator pada kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Siapkan Lulusan Kompeten dan Berdaya Saing Kuat, Unesa Siapkan Platform Pembinaan Karir

Di akhir kegiatan, Tim Pengmas UI yang terdiri dari Dian Ayubi, Vetty Yulianty Permana, Ede Surya Darmawan, dan Syarif Rahman Hasibuan, juga turut menyediakan 10 voucher token listrik bagi para peserta yang aktif berdiskusi.

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Egia Etha Tarigan, S.Sos, MM (Media Relations UI, humas-ui@ui.ac.id; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1361 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x