Dosen Vokasi UI Bina Posbindu Deteksi Dini Diabetes Melitus dan Hipertensi di Cirebon

Tim pengabdian masyarakat (pengmas) Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) yang dipimpin oleh Supriadi, SKM, MARS, dosen Program Studi Administrasi Rumah Sakit Vokasi UI, bekerja sama dengan Puskesmas Jagasatru Kota Cirebon menyelenggarakan “Pelatihan Pengelolaan Penyakit Diabetes Melitus dan Hipertensi” pada Rabu (18/11), di Ruang Pertemuan Puskesmas Jagasatru Kota Cirebon. Sebanyak 20 peserta yang merupakan Kader Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) hadir mengikuti pelatihan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan kader Posbindu PTM dalam mengelola penyakit Diabetes Melitus dan Hipertensi sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup lansia.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan kader Posbindu dapat melakukan screening/deteksi dini faktor risiko Hipertensi dan Diabetes Melitus, melakukan konseling serta secara aktif mengajak masyarakat agar mengunjungi pelayanan kesehatan secara rutin,” ujar Supriadi.

Baca Juga :  Calon Mahasiswa dengan Keterbatasan Finansial Tetap Bisa Berkuliah di Unpad

Diabetes Melitus dan Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang dominan disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. “Materi pelatihan disusun secara terstruktur dan disampaikan oleh narasumber yang ahli di bidangnya agar Kader Posbindu PTM semakin jeli memantau faktor risiko PTM seperti merokok, pola makan tidak seimbang, kurang aktivitas fisik, konsumsi alkohol dan stress,” kata Supriadi.

Di akhir materi, peserta diajak untuk melakukan simulasi pelayanan Posbindu PTM sesuai dengan alur pelayanan 5 tahap yaitu pendaftaran, wawancara, pengukuran antropometri, pemeriksaan tekanan darah, glukosa darah dan kolesterol, dan konseling/edukasi.

Untuk mendukung pelayanan Posbindu PTM, dalam kesempatan ini Tim Pengmas Vokasi UI juga memberikan hibah alat kesehatan berupa alat dan strip pemeriksaan TC/GLU/UA, alat ukur tekanan darah digital, timbangan berat badan dengan fitur pemeriksaan kadar lemak, air dan tulang, lanset, alat pengukur tinggi badan digital, masker kain, sarung tangan disposible; dan lembar balik konseling/edukasi penyakit tidak menular. Kegiatan ini terselenggara atas hibah pendanaan dari Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UI.

Baca Juga :  UI Ajak Masyarakat Bijak Kelola Sampah, Selamatkan Lingkungan

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Egia Etha Tarigan, S.Sos, MM (Media Relations UI, humas-ui@ui.ac.id; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
831 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x