Duta Besar Ethiopia untuk Indonesia Kunjungi IPB University, Jajaki Kerjasama Pendidikan Pertanian

Duta Besar Ethiopia untuk Indonesia,  Professor Admasu Tsegaye kunjungi Kampus IPB University di Dramaga, Bogor. Delegasi kunjungan diterima langsung oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria di ruang kerjanya, (20/4).

Prof Arif Satria menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah untuk peningkatan kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian antara perguruan tinggi pertanian di Ethiopia dengan IPB University.

“Jadi mereka sangat tertarik dengan kemajuan pendidikan pertanian di Indonesia khususnya IPB University sehingga mereka akan mengembangkan pertukaran mahasiswa, dosen dan program riset bersama. Dalam waktu dekat akan dilaksanakan program summer course di IPB University,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Professor Admasu Tsegaye sangat terkesan dengan IPB University yang memiliki keunggulan di bidang pertanian. Selain itu ia juga sangat terkesan dengan keramahan IPB University terhadap mitra.

Baca Juga :  FISIPOL UML adakan workshop Redesain dan Formulasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)

“Dari hasil diskusi, saya melihat ada banyak bidang akademik dan riset yang bisa dikerjasamakan untuk pengembangan terhadap kedua negara,” ucapnya.

Selain itu, berdasarkan informasi yang diberikan oleh Kedutaan Besar Ethiopia untuk Indonesia, kunjungan ini juga dalam rangka kerjasama terkait  pengembangan kapasitas staf pengajar. Hal ini dilatarbelakangi dengan adanya peningkatan jumlah Perguruan Tinggi Negeri di negaranya. Sehingga sistem pendidikan tinggi di Ethiopia mengalami kekurangan staf akademik.

“Kementerian Pendidikan Republik Demokratik Federal Ethiopia meminta Universitas Addis Ababa dan delapan universitas generasi pertama di Ethiopia untuk fokus pada program pascasarjana terutama di bidang teknik, kedokteran, bisnis dan ekonomi, ilmu alam dan komputer. Akan tetapi tidak mungkin bagi kami untuk menangani semua program pascasarjana ini kecuali menjalin kolaborasi akademik dan kemitraan dengan universitas asing untuk mengisi kesenjangan ini sampai kami berhasil membangun kapasitas sendiri. Oleh karena itu, perguruan tinggi Ethiopia yang terlibat dalam program pascasarjana berupaya menjalin akademik untuk menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi di Indonesia, ” jelasnya. (dh/Zul)

Baca Juga :  Dosen UGM Buat Bilik Disinfektan

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
400 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x