FKUI Gandeng Pakar Kesehatan Berikan Saran Sehat dan Tatalaksana Jenazah di Masa Pandemi COVID-19

Tim pengabdian dan pemberdayaan masyarakat (PPM) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang diketuai oleh Desak Gede Budi Krisnamurti, S.Farm, Apt., M.Biomed berkolaborasi dengan Klaster Center of e-Learning IMERI menginisiasi seminar online berjudul “Tetap Sehat di Masa Pandemi COVID-19 bersama Pembicara dari Berbagai Bidang Kesehatan : SIAP, CEGAH, HADAPI, SIAGA”, pada Sabtu, 19 Desember 2020. Edukasi online ini menghadirkan para narasumber yang merupakan pakar dan praktisi pada bidang kedokteran herbal, kedokteran gigi, dan kedokteran forensik.

Kegiatan tersebut diselenggarakan guna meningkatkan kembali kesadaran masyarakat agar tetap waspada dan memperhatikan protokol kesehatan selama menghadapi liburan panjang akhir tahun dan euforia kedatangan vaksin COVID-19. Acara berlangsung sukses dengan diikuti oleh 207 peserta dari berbagai kalangan profesi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa Timur, Jabodetabek, Bali, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Aceh, Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, hingga Papua. Kegiatan seminar ini juga turut diisi dengan pemutaran video protokol kesehatan dan permainan kuis sederhana.

Narasumber pertama adalah pakar dan praktisi pada bidang kedokteran herbal yaitu Prof. Dr. dr. Erni Hernawati Purwaningsih, M.S. dari Departemen Ilmu Kedokteran Farmasi FKUI dengan topik “Herbal untuk Pencegahan COVID-19”. Selanjutnya pada bidang kedokteran gigi disampaikan oleh drg. Desak Made Budi Indrawati yang berafiliasi di Dinas Kesehatan, menyampaikan materi dengan topik “Amankah Pergi ke Dokter Gigi di Saat Pandemi?”. Terakhir, dr. Made Ayu Mira Wiryaningsih, Sp.F dari Unit Forensik RSUI membawakan topik “Tatalaksana Jenazah & Pelayanan Kedukaan di Era Pandemi COVID-19”.

Baca Juga :  ITS Ciptakan Tiga Inovasi untuk Menangani Virus Corona

Dalam paparannya Prof. Ernie memberikan tips sehatnya bersama keluarga. Ia menceritakan pengalamannya bersama keluarga yang biasa mengonsumsi minuman herbal secara rutin setiap hari, sebagai upaya pencegahan – bukan pengobatan. Seperti jahe yang dicacah kemudian diblender, lalu ditambahkan air jeruk nipis/lemon, madu dan air panas. ”Selain itu, kita dapat memanfaatkan jenis tumbuhan herbal lainnya yang ada di sekitar kita, seperti meniran, bawang putih, temulawak, kunyit, lengkuas dan masih banyak lagi,” ujar Prof. Ernie.

Selanjutnya, drg. Desak memaparkan tentang tips aman ke dokter gigi. Menurutnya, selama pandemi ini dokter gigi merupakan tempat yang paling beresiko dengan penularan sehingga pasien, sehingga sebisa mungkin menunda kunjungan. Namun jika memang mendesak perlu ke dokter gigi maka pasien harus memperhatikan klasifikasi tindakan yang memang bersifat emergensi, kemudian lakukan survei terhadap fasilitas kesehatan yang akan dikunjungi, membuat janji terlebih dahulu, dan selalu memperhatikan protokol Kesehatan. drg. Desak juga menyampaikan solusi atau alternatif yang dapat dilakukan untuk menunda kunjungan ke dokter gigi, yaitu dengan minum obat anti nyeri, membersihkan gigi dengan baik dan teratur, menjaga makanan, kumur-kumur dengan air hangat/air garam dan lebih baik lagi kumur dengan menggunakan obat kumur yang sudah tersedia di pasaran.

Baca Juga :  Himaiko IPB University Latih Mahasiswa Siap Hadapi Dunia Pasca Kampus

Terakhir, dr. Mira dalam menjelaskan secara detail terkait langkah-langkah tatalaksana jenazah. Ia menjelaskan bahwa tatalaksana jenazah COVID disarankan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan karena terkait dengan limbah dan penularan infeksi. Setiap jenazah baik itu meninggal akibat COVID-19 maupun tidak, atau akibat penyakit menular lainnya tetap harus diperlakukan secara manusiawi dan bermartabat, serta tetap harus memperhatikan sensitivitas agama, adat istiadat, dan budaya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi keluarga, masyarakat, dan tenaga medis, bukan untuk mendiskriminasi orang yang meninggal akibat/suspek COVID-19.

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Egia Etha Tarigan, S.Sos, MM (Media Relations UI, humas-ui@ui.ac.id; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
398 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x