FMIPA UI – PT Pertamina (Persero) Umumkan Juara Kompetisi Sobat Bumi 2020 Kategori Teori Sains

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) dan PT Pertamina (Persero) mengumumkan para juara Kompetisi Sobat Bumi (KSB) 2020 Kategori Teori Sains dari empat bidang kategori, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, pada Kamis (10/12). Penentuan pemenang dilakukan berupa presentasi makalah open-ended dari empat bidang ilmu tersebut, pada hari penutupan Seleksi Tingkat Nasional Kompetisi Sobat Bumi (KSB) 2020 Kategori Teori Sains.

Pengumuman juara KSB 2020 dihadiri oleh Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris (Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan), Dian Hapsari (Manager CSR PT Pertamina (Persero)), Dr. Rokhmatuloh, M. Eng. (Pejabat Dekan FMIPA UI), Prof. Dr. Yoki Yulizar, M.Sc. (Wakil Dekan Bidang II FMIPA UI sekaligus Ketua Pelaksana KSB 2020 Kategori Teori Sains), Dr. Tech. Djoko Triyono (Wakil Dekan Bidang I FMIPA UI sekaligus Wakil Ketua Pelaksana), para pimpinan perguruan tinggi Mitra KSB 2020, 32 finalis babak final, 36 finalis semifinal beserta para pendamping.

Dian Hapsari menyampaikan, “Pengumuman para juara KSB 2020 pada 10 Desember 2020 merupakan puncak dari seluruh rangkaian KSB 2020 Kategori Teori Sains. Pengumuman tersebut juga bertepatan dengan hari jadi PT Pertamina (persero) yang ke-63 tahun. KSB 2020 merupakan wujud komitmen dan kontribusi kami bagi bangsa melalui dunia pendidikan dan pembangunan SDM unggul yang berkelanjutan.”

Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris mengutarakan, “Kami atas nama pimpinan UI berterima kasih kepada PT Pertamina (Persero) atas kerja sama yang telah berlangsung untuk kesepuluh kalinya ini dalam wujud kompetisi di bidang sains. Kompetisi yang sebelumnya dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina, kini ditransformasikan dengan nama baru yakni Kompetisi Sobat Bumi. Tema yang sangat baik karena sejalan dengan hakikat peran Pertamina sebagai pengelola sumber daya negara dan tanggung jawab sosial dalam memajukan dunia pendidikan, dan peran UI sebagai pencetak generasi yang inovatif.”

Baca Juga :  Antisipasi Corona, UNSERA Bagi Hand Sanitizer Gratis

Lebih lanjut, Dr. Rokhmatuloh, Pejabat Dekan FMIPA UI, menambahkan “Kami mengapresiasi antusias dan semangat para peserta untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini, dan semua pihak yang telah bekerja keras dalam pelaksanaan KSB 2020 Kategori Teori Sains meski di tengah situasi pandemi COVID-2019, sehingga seluruh rangkaian kegiatan ini berjalan lancar sebagaimana yang kita semua harapkan. Semoga para juara baik di tingkat provinsi maupun nasional dapat menjadi role model dalam pengembangan sains di Indonesia.”

Dalam laporannya, Prof. Dr. Yoki Yulizar, Ketua Pelaksana, menjelaskan “Babak final KSB 2020 Kategori Teori Sains telah berlangsung hari ini dari pukul 08.00 – 14.00 WIB, dengan agenda presentasi makalah open-ended oleh 8 peserta masing-masing kategori yang lolos di babak semifinal. Agenda dilanjutkan dengan rapat penetapan pemenang utama oleh tim juri masing-masing bidang. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, diantaranya perguruan tinggi mitra, para peserta, dan seluruh panitia, yang telah menyukseskan kegiatan ini”.

Keputusan tim juri bersifat mutlak, disahkan dalam Surat Keputusan Penetapan Urutan Juara Grand Final oleh Ketua dan Wakil Ketua Pelaksana, dengan keputusan pemenang utama KSB 2020 Kategori Teori Sains sebagai berikut ini:

Kategori Matematika

Juara 1 : Juan Daniel (Universitas Indonesia)

Juara 2 : Andry Wijaya (Universitas Indonesia)

Juara 3 : Filza Buana Putra (Universitas Lambung Mangkurat)

Baca Juga :  Mahasiswa ITS Berinovasi Ciptakan Alat Pendeteksi Pasien Covid-19

Kategori Fisika

Juara 1 : Yuwanza Ramadhan (Universitas Indonesia)

Juara 2 : Muhammad Farhan Husain (Institut Teknologi Bandung)

Juara 3 : Arkananta Rasendriya (Institut Teknologi Bandung)

Kategori Kimia

Juara 1 : Bakuh Danang Setyo Budi (Institut Teknologi Bandung)

Juara 2 : Michael Lesa (Universitas Indonesia)

Juara 3 : Azarya Adirama (Institut Teknologi Bandung)

Kategori Biologi

Juara 1 : Bagus Setiyo Aji (Universitas Indonesia)

Juara 2 : Adzral Alamsyah (Universitas Brawijaya)

Juara 3 : Muhammad Malhan Amin (Universitas Gadjah Mada)

Pertamina – FMIPA UI turut memberikan gelar juara pada finalis peringkat 4 hingga 8 di masing-masing kategori sebagai juara harapan serta apresiasi kepada seluruh peserta baik di babak penyisihan Tingkat Provinsi maupun Tingkat Nasional, karena telah memanfaatkan KSB 2020 Kategori Teori Sains sebagai wadah berkompetisi yang diberikan Pertamina secara optimal.

Acara ini merupakan puncak rangkaian kegiatan KSB 2020 Kategori Teori Sains yang telah dimulai pada periode pendaftaran pada tanggal 3 Agustus – 30 Oktober 2020 secara daring melalui website www.sobatbumi.id, Seleksi Tingkat Provinsi yang dilaksanakan pada 11-12 November 2020 oleh seluruh perguruan tinggi Mitra KSB 2020 dengan diikuti oleh 12.747 peserta seluruh Indonesia, dan Rangkaian Seleksi Tingkat Nasional yang digelar tanggal 1-10 Desember 2020 di 26 Perguruan Tinggi Mitra KSB 2020 dengan melibatkan 68 peserta finalis hasil babak penyisihan di tingkat provinsi. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut digelar secara daring maupun langsung dari FMIPA UI dan Perguruan tinggi mitra tersebut, dengan menerapkan protokol COVID-19 dengan ketat.

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Egia Etha Tarigan, S.Sos, MM (Media Relations UI, humas-ui@ui.ac.id ; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1568 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x