FTUI Pasang PLTS Wujudkan Gedung Laboratorium Hijau

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) akan memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Gedung Integrated Creative Engineering Learning Lab (I-Cell) sebagai bentuk pengimplementasian gedung laboratorium hijau yang bebas emisi karbon. Untuk mewujudkannya, FTUI berkolaborasi dengan pihak industri, yaitu PT Supraco dalam hal melakukan instalasi berbasis investasi PLTS. Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng., dan Direktur Utama PT Supraco Indonesia Ramzy Siddiq Amier, pada Rabu (4/11) di kampus FTUI, Depok.

Turut hadir pada acara tersebut, CEO PT Supraco Indonesia, Ir. Sofwan Farisyi, MM., Kepala Proyek i-CELL FTUI, Prof. Dr.-Ing. Nandy Putra dan jajaran manajemen fakultas dan departemen di lingkungan FTUI. Instalasi PLTS Solar PV 101 kWp ini rencananya akan dipasang di Rooftop Gedung Integrated Creative Engineering Learning Lab (I-Cell) FTUI dan direncanakan akan selesai pada akhir tahun 2020.

Instalasi PLTS kali ini menjadi sistem pembangkit energi berbasis surya ketiga yang dimiliki FTUI. Sebelumnya telah terpasang di Gedung Engineering Centre dan PLTS Terapung Bifacial yang terletak di Danau Mahoni UI, sebelah kompleks FTUI. Ke depannya, selain untuk mengurangi penggunaan listrik dari PLN dan menjadi sumber listrik ramah lingkungan bagi gedung laboratorium i-CELL, instalasi ini akan menjadi laboratorium energi untuk penelitian di bidang energi terbarukan bagi para dosen dan mahasiswa FTUI.

Pada sambutannya, Dr. Hendri mengatakan, “Pengimplementasian energi bebas emisi karbon pada Gedung i-CELL merupakan upaya FTUI dalam ikut serta mewujudkan lingkungan kampus UI hijau yang selaras dengan inisiatatif UI GreenMetric World University Ranking. Panel surya 101 kWp pada gedung CELL secara khusus menjadi kontribusi FTUI dalam memenuhi kriteria Energy and Climate Change pada UI GreenMetric. Upaya yang telah kami lakukan diapresiasi oleh pemeringkatan kampus hijau UI Greenmetric. Selama dua tahun berturut-turut, FTUI berhasil meraih peringkat Pertama UI Greenmetric tahun 2018 dan tahun 2019 sebagai fakultas dengan komitmen dan tindakan penghijauan dan keberlanjutan lingkungan terbaik di UI.”

“Kami akan memastikan bahwa instalasi PLTS ini sesuai dengan standar dan memiliki sertifikat laik operasi (SLO) PLTS dari lembaga inspeksi teknis terakreditasi Kementerian ESDM serta sesuai dengan Permen ESDM terkait Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap oleh Konsumen PLN. Selain itu akan dibuat juga rumah monitoring untuk menjaga interkoneksi ke sistem kelistrikan gedung,” ujar Sofwan Farisyi.

Kepala Proyek i-CELL FTUI, Prof. Nandy Putra mengatakan, “Gedung Integrated Creative Engineering Learning Lab (I-Cell) merupakan gedung laboratorium terintegrasi yang dirancang dengan teknologi smart and green building yang ramah lingkungan dan efisien di dalam pengelolaan energi pencahayaan, sirkulasi udara, serta menerapkan teknologi water harvesting. Gedung ini terdiri dari 8 lantai dan 1 rooftop dengan total luas bangunan 8.410 meter persegi.”

Gedung I-Cell merupakan jawaban FTUI terhadap tantangan di bidang sains dan teknologi di masa depan, terutama dalam peningkatan jumlah dan kualitas riset, serta sebagai upaya mewujudkan UI sebagai World Class Research University.