Himasta Unsyiah Gelar Statistics Explore 2020

Ribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia memeriahkan Statistics Explore 2020 yang berlangsung Senin-Selasa, 28-29 September 2020. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika Universitas Syiah Kuala (Himasta Unsyiah) secara virtual.

Ketua panitia, Muhammad Farhan perwira Nasution mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan pengembangan kemampuan, minat dan bakat, serta mengenalkan Statistika kepada masyarakat umum. Terdapat lima kegiatan utama yang berlangsung selama dua hari, yaitu Seminar Internasional, Seminar Nasional “Entrepreneurship in Digital Era”, Lomba Desain Infografis, Data Science Competition, dan Pelatihan Software Python Online dengan mengusung tema “Big Data: The Source of Development”.

Dari kelima acara ini, panitia berhasil mengumpulkan 2.106 peserta. Mereka umumnya berasal dari berbagai institusi dan universitas di Indonesia.

“Kegiatan ini mengajak siswa dan mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman di bidang statistik, data sains, teknologi informasi dan ilmu digitalisasi,” uajr Farhan, Senin (28/9/2020).

Sementara itu, Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengatakan perkembangan revolusi industri 4.0 telah menuntut setiap orang untuk meningkatkan kapasitas diri agar mampu bersaing. Era ini juga mengandalkan kreativitas dan inovasi agar mampu berdikari dan memenangkan kompetisi.

Ia menaruh harapan besar pada ajang tahunan ini untuk dapat mengubah pola pikir, terutama para mahasiswa Unsyiah. Ia juga mengapresiasi para mahasiswa yang tetap bergerak dan berkegiatan di tengah pandemi Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan. Meski lanjutnya, banyak keterbatasan yang dihadapi selama pandemi, tetapi kondisi bukan menjadi penghalang dan pematah semangat.

“Menghadapi keadaan merupakan kunci utama yang dapat kita lakukan di masa saat ini.. Hadapi dan pahamilah kondisi sekitarmu, tumbuhkan kesadaran serta ajarkan kebaikan,” ujarnya.

Ia berharap dari kegiatan ini, akan lahir inovasi-inovasi baru dari para mahasiswa yang dapat berperan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Di hari yang sama juga berlangsung seminar internasional yang menghadirkan Prof. Dr. Virasakdi Chongsuvivatwong (Institute or Research and Development for Health of Southern Thailand), Firdaus Dahlan (IMTGT subregional Kuala Lumpur), Yati Kurniati (Bank Indonesia). Sementara itu, di hari kedua kegiatan akan berlangsung Seminar Nasional Entrepreneurship in Digital Era yang menghadirkan pembicara dari Dinas Koperasi dan UKM Aceh, HIPMI Aceh, LinkAja, dan BagiData.  (Humas Unsyiah/fer)