Mahasiswa ISI Yogyakarta Raih Penghargaan dalam Indonesia Industrial Design Student Award 2021

Mahasiswa Program Studi S1 Desain Produk, Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta, Satria Dwi Laksana meraih penghargaan Good Design Level 6 KKNI Kategori Craft-Based Design Solution dalam Indonesia Industrial Design Student Award (IIDSA) 2021. IIDSA 2021 merupakan ajang pemberiaan penghargaan bagi mahasiswa desain produk di Indonesia yang diselenggarakan oleh Forum Program Studi Desain Produk Indonesia (ADPII). Penyelenggaraan IIDSA 2021 bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap karya yang dihasilkan mahasiswa Program Studi Desain Produk dan sebagai upaya untuk meningkatkan capaian dari Indikator Kinerja Utama (IKU) dari setiap anggota Forum Program Studi. Pemberian penghargaan ini dilaksanakan secara daring pada 29 Juli 2021.

Pada ajang penghargaan ini setiap anggota forum program studi diberikan kesempatan untuk dapat mengirimkan 3 karya terbaik yang dihasilkan selama semester berjalan di tahun ajaran 2020/2021. Pada tahun 2021, Program Studi S1 Desain Produk, FSP ISI Yogyakarta melalui Satria Dwi Laksana dan pembimbing Endro Tri Susanto, S.Sn, M,Sn dengan karya berjudul  berhasil Muimi memperoleh penghargaan untuk Kategori Craft-Based Design Solution.

Miumi merupakan karya desain lampu gantung ramah lingkungan yang diletakkan pada restoran-restoran, khususnya restoran sushi dan seafood. Pemberian nama produk ’miumi’ diperoleh dari proses modifikasi pengejaan kata ‘cumi-cumi’.

Baca Juga :  Mahasiswa Teater ISI Yogyakarta Pentaskan Dukuh Konoha

Perancangan lampu gantung yang ramah lingkungan ini sebagai wujud aksi, reaksi, ekspresi, dan kreasi perancang terhadap isu pencemaran laut yang menyebabkan matinya biota-biota yang tinggal di dalamnya. Penggunaan material ramah lingkungan meliputi bambu dan ilalang juga selaras dengan ide perancangan. Material tersebut dipilih karena sifatnya yang mudah tumbuh di alam dengan risiko pencemaran yang minim.

Efek cahaya yang dihasilkan dari lampu memberikan kesan kehangatan dan rasa nyaman saat berada di ruangan. Lampu gantung dirancang dengan tiga variasi ukuran dan digantung dengan ketinggian yang berbeda-beda untuk menghasilkan level yang dinamis. Selain itu, juga sebagai kampanye untuk menjaga dan melestarikan ekosistem laut agar variasi biota laut dapat tetap lestari dan bisa terus dinikmati.

Baca Juga :  Tingkatkan Pembangunan Daerah, ITS Kerja Sama dengan Pemkab Tulungagung

IIDSA 2021 menjadi momentum untuk mendorong mahasiswa dan pengelola Program Studi Desain Produk agar menghasilkan karya yang inovatif dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Eksistensi Program Desain Produk akan semakin dirasakan oleh dunai usaha, industri dan masyarakat umum.

Pengumuman penghargaan
Karya muimi pemenang penghargaan
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
151 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x