Tiga Prodi Fakultas Pertanian UGM Raih Akreditasi Internasional

UGM kembali menunjukkan mutu pendidikan yang berstandar global. Kali ini, giliran tiga prodi dari Fakultas Pertanian UGM yang berhasil meraih akreditasi ASIIN. Tiga prodi tersebut diantaranya adalah Prodi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Prodi Teknologi Hasil Perikanan, dan Prodi Proteksi Tanaman. ASIIN sendiri diketahui merupakan sebuah lembaga akreditasi internasional yang berasal dari Jerman untuk bidang studi teknik, ilmu komputer, ilmu alam, dan matematika.  

“Alhamdulillah. Kami merasa bahwa kerja keras kami dalam melakukan penjaminan mutu proses pembelajaran pada prodi-prodi tersebut membuahkan hasil yang membanggakan, terakreditasi ASIIN untuk 2021-2026,” ungkap Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian UGM, Rudi Hari Murti, Rabu (14/7). 

Baca Juga :  Tim Task Force Pencegahan Covid-19 Uniku Produksi HandSanitizer dan Disinfektan

Ketiga prodi di atas memang dinilai layak untuk mendapatkan akreditasi internasional. Rudi menuturkan dari kualitas pengajarnya saja, rata-rata dosen sudah bergelar doktor. Bahkan, di prodi Proteksi Tanaman, dari semua dosennya yang berjumlah 20 orang, semuanya bergelar doktor dengan 7 diantaranya memegang jabatan fungsional Profesor. 

Infrastruktur dari ketiga prodi tersebut tidak kalah lengkap dan berkualitas. Rudi mengungkapkan bahwa selain memiliki kualitas ruang perkuliahan yang sangat baik, peralatan laboratorium yang terus diperbaharui, ketiga prodi tersebut juga memiliki laboratorium alam atau kebun-kebun percobaan yang sangat mumpuni. Kebun percobaan itu antara lain kebun teh dengan luasan 1.100 ha dengan pabriknya, kebun kakao, serta kebun dataran rendah di Banguntapan seluas 3,5 ha dan di Cangkringan seluas 9.000 m2. 

Baca Juga :  12 Bidang Studi UI Masuk Ranking Dunia Lagi

Sebelumnya, visitasi akreditasi internasional ASIIN kepada ketiga prodi di atas dilakukan pada tanggal 22-25 Maret 2021 lalu secara daring. Visitasi ASIIN tersebut dilakukan oleh enam orang Asesor yang berasal dari Jerman dan Indonesia. Mereka antaranya adalah Prof. Dr. Peter Spathelf, Prof. Dr. Wolfgang Kath-Petersen, Dipl.-Ing. Arthur Reinelt, Dr. Mochammad Riyanto, Almansyah N. Sinatrya, and Risaldi Wajo. Visitasi yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut diawali dengan rapat internal dengan pihak asesor ASIIN. Pada hari kedua, visitasi kemudian turut menghadirkan program coordinators yang terdiri dari jajaran dekanat, departemen, dan prodi. Pada hari ketiga, visitasi diakhiri dengan presentasi mengenai infrastruktur dari ketiga prodi. 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
487 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x