Unila Gagas Kembali Program Praktisi Mengajar di Kampus

(Unila): Untuk mengungkit daya dorong kemajuan bangsa, Universitas Lampung (Unila) kembali menggagas program ‘Praktisi Mengajar di Kampus’.

Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Prof. Suharso, Ph.D., saat membuka kuliah umum dalam rangka program Unila ‘Praktisi Mengajar di Kampus’, Kamis, 4 Maret 2021.

Kuliah umum bertajuk “Pengenalan Industri Semen dan Perkembangannya” ini berlangsung di aula pertemuan dekanat kampus teknik setempat, usai penandatanganan nota kesepahaman antara PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk., dan Fakultas Teknik (FT) Unila.

Mengawali sambutan pembuka, Prof. Suharso mengatakan bahwa perguruan tinggi akan menjadi lebih berkualitas manakala hasil riset menyatu dengan permasalahan yang ada di sekitar.

Sejalan dengan hal itu, riset akan lebih berkembang apabila industri lokal melibatkan perguruan tinggi setempat kemudian meningkatkan kerja sama kemitraannya dengan memanfaatkan bahan baku lokal.

“Ada banyak hal yang dapat dikerjasamakan dan diriset bersama. Peluang kerja sama ini akan kita kembangkan multidisiplin. Karena berada di bawah produksi dan pengembangan, maka langsung bicara tentang kualitas,” ujarnya.

Baca Juga :  Dorong Mahasiswa Jadi Petani Milenial, Rektor IPB University Sediakan Lahan di Sukamantri

Pada kuliah umum tersebut, turut hadir Direktur Produksi dan Pengembangan PT. Semen Baturaja (Persero) Daconi, S.T., M.M., bersama Vice President Research & Development Muhammad Beni, S.T., M.M.

Daconi menuturkan, kegiatan ini memberi makna penting bagi PT. Semen Baturaja untuk terus menjalin kerja sama bidang penelitian dan pengembangan, khususnya di industri semen serta produk-produk turunannya.

Ia berharap, muncul sharing pengalaman dan ilmu pengetahuan serta teknologi antara praktisi dan dosen di Universitas Lampung sehingga mampu berkembang dan bermanfaat lebih banyak.

Unila di masa mendatang dapat menjadi mitra konsultan, tidak terbatas pada bidang ilmu teknik melainkan disiplin ilmu lain. Memajukan perusahaan dan masyarakat Lampung adalah salah satu tujuan kerja sama ini.

Baca Juga :  Delegasi UNSOED Raih Emas di Ajang Internasional IPITex 2021

Daconi juga menambahkan, banyak para alumni Unila turut berkarya di PT. Semen Baturaja. “Ini menambah keyakinan PT. Semen Baturaja bahwa merekalah interpretasi dari Unila sehingga MoU yang dituangkan dalam nota kerja sama ini akan membawa manfaat bagi sesama,” katanya.

Kegiatan yang juga digelar secara online ini turut diikuti Dekan Fakultas Teknik Unila Prof. Ir. Suharno, Ph.D., IPU., ASEAN Eng., Kepala UPT Pengembangan Kerja sama dan Layanan Internasional (PKLI) Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A., para dekan, wakil dekan di lingkungan Unila, beserta jajaran pimpinan FT Unila.

Selain itu nampak hadir secara virtual, para dekan dan wakil dekan Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung (UBL), Universitas Saburai (USBRJ), Universitas Malahayati (Unimal), Unviersitas Muhammadiyah Metro (UM Metro), serta perwakilan mahasiswa masing-masing. [Humas_Unila]

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
58 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x