Universitas Jember “Bermain” di Liga I Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Jember, 10 Juni 2021
Universitas Jember “bermain” di Liga I Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Liga I di sini bukan liga sepakbola, namun penyebutan bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan jumlah mahasiswa di atas 18 ribu orang, yang berhasil mendapatkan dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka 2021 dari Ditjen Dikti Kemendikbudristek. Universitas Jember berhasil meraih dana hibah sebesar 10,9 milyar rupiah untuk empat program studi. Kabar gembira ini disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, Prof. Slamin di Kampus Tegalboto (9/6).

“Alhamdulillah, Universitas Jember berhasil mendapatkan dana hibah pada Program Kompetisi Kampus Merdeka untuk kategori PTN dengan jumlah mahasiswa di atas delapan belas ribu mahasiswa atau Perguruan Tinggi Liga I. Dana hibah tersebut dimenangkan oleh Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP, Program Studi Agrobisnis Fakultas Pertanian dan Program Studi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis,” tutur Prof. Slamin di sela-sela mempersiapkan pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR).

Baca Juga :  Program Studi Akuakultur IPB University Tempat Belajar Budidaya Ikan Paling Oke

Menurut Wakil Rektor I Universitas Jember, jumlah dana hibah sebesar 10,9 milyar rupiah tersebut terdiri dari 3,9 milyar rupiah untuk Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum. Dana hibah sebesar 3,12 milyar rupiah untuk Program Studi Pendidikan Biologi FKIP, Program Studi Agrobisnis Fakultas Pertanian mendapatkan 2,14 milyar rupiah dan Program Studi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis memperoleh 1,76 milyar rupiah. “Dana hibah ini nantinya akan dipergunakan untuk pengembangan masing-masing program studi, penambahan peralatan, mendatangkan pakar dan tenaga ahli, pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan, inovasi pembelajaran serta riset,” imbuh Prof. Slamin lagi.

Sementara itu ditemui di kesempatan terpisah, Rektor Universitas Jember mengapresiasi kerja keras task force Program Kompetisi Kampus Merdeka dan program studi yang memperoleh dana hibah. Sebab dari lima program studi di Universitas Jember yang maju berkompetisi, empat program studi berhasil memperoleh dana hibah. Untuk diketahui dalam ajang Program Kompetisi Kampus Merdeka 2021 setiap perguruan tinggi hanya boleh mengajukan lima program studi sebagai peserta kompetisi.

Baca Juga :  FIK UI Luncurkan Program Pantai Bersih Sehat Asri melalui Gerakan Remaja Sadar Sampah

“Keberhasilan memperoleh dana hibah ini membuktikan bahwa kita mampu bersaing dengan PTN dan PTS lain di Liga I Program MBKM. Untuk diketahui, sebelumnya kita juga sudah mendapatkan dana hibah melalui skema lain seperti dana hibah Program Pengembangan Perguruan Tinggi Vokasi, Program Kerjasama Kurikulum, Program Center of Excellence serta program hibah lainnya. Kami terus mendorong semua program studi, lembaga serta unit kerja lainnya agar selalu siap bersaing dan menjadi yang terbaik di era Program MBKM,” pungkas Iwan Taruna.(iim)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
108 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x