Undiksha Bekali Mahasiswa Pengalaman Dalam dan Luar Negeri

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menyambut kebijakan kampus merdeka dan merdeka belajar yang digulirkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2020.

Perguruan tinggi negeri terbesar di Bali Utara ini merancang sejumlah program untuk menyukseskan kebijakan nasional itu. Salah satunya untuk bidang kemahasiswaan. Sebagai institusi yang berperan dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mewujudkan Indonesia maju, mahasiswa tidak hanya diinginkan untuk kompeten dalam bidang akademik. Namun juga memiliki kompetensi yang mampu meningkatkan daya saing.

Undiksha terus menggenjot program mahasiswa magang bersertifikat di perusahaan selama satu semester. Melalui program ini, mahasiswa tidak hanya mengaplikasikan keilmuan, namun juga sekaligus meningkatkan kemampuan dalam bidang manajemen. Pelaksanaan program ini difasilitasi Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa (UPT-PKKM). Mengingat program tersebut sangat penting, mahasiswa lain didorong untuk turut serta. Melancarkan program ini, Undiksha juga mengupayakan perluasan kerjasama dengan perusahaan, termasuk dalam penyusunan kurikulum.

Selain itu, Undiksha juga telah melaksanakan program student employment.   Jumlah Mahasiswa yang lolos seleksi sesuai dengan analisis kebutuhan yang dilakukan bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Undiksha. Mahasiswa ini mendapat pengalaman kerja langsung di Undiksha yang tersebar di bagian keuangan, bagian keolahragaan, bagian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan bagian kehumasan.

Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengenal dunia kerja yang nantinya akan digeluti ketika sudah selesai menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Melalui ini mahasiswa juga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam mengatur skala prioritasnya antara studi dengan persiapannya sebagai tenaga kerja. Mahasiswa ini akan mengikuti program selama lima bulan dengan maksimal bekerja 6 jam per hari dengan besar penghargaan sesuai dengan standar biaya umum perguruan tinggi.

Sejalan dengan kebijakan merdeka belajar, Undiksha juga menyelenggarakan transfer kredit bagi mahasiswa. Program ini mendapatkan bantuan pendanaan dari Direktorat Pembelajaran. Undiksha menjalin kerjasama dengan dua universitas luar negeri yaitu Ming Chi University of Technology (MCUT), Taiwan dan Mariano Marcos State University (MMSU), Filipina.

MCUT Taiwan adalah salah satu universitas yang terdepan dalam bidang pengajaran dan penelitian di bidang Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI). Hal ini didukung dengan adanya Center for Artificial Intelligence and Data Science. Untuk itu, dua program studi di Undiksha yang berhubungan di bidang ilmu komputer/ informatika, memiliki kesempatan untuk mengirimkan 21 mahasiswanya mengikuti perkuliah di bidang AI pada tahun 2020 ini.

Selain itu, Undiksha juga melaksanakan Program PERMATA SAKTI (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara – Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi). Tahun 2020 ini menerima 170 mahasiswa dari 22 PTN di Indonesia.  Selain itu, Undiksha juga mengirimkan 70 mahasiswa dari 18 Program Studi ke 12 universitas berbeda di wilayah Indonesia Barat dan Tengah.

Mahasiswa Undiksha yang mengikuti program ini tersebar pada tujuh fakultas, yaitu Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Fakultas Matematikan dan llmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomu, dan Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Sementara untuk program studinya, terdiri dari Prodi Sistem Informasi, Prodi Pendidikan Tata Boga, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Prodi PPKn, Prodi Ilmu Hukum, Prodi Pendidikan Geografi, Prodi S1 Manajemen, Prodi S1 Akuntansi, Prodi PGSD, Prodi PG PAUD, Prodi BK, Prodi Teknologi Pendidikan, Prodi Ilmu Keolahragaan, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan IPA, dan Prodi Akuakultur. Mahasiswa Undiksha mengambil beberapa mata kuliah ke beberapa PTN wilayah barat dan tengah, seperti; Universitas Gadjah Madha. Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Jember, Universitas Tidar, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Sementara mahasiawa yang diterima Undiksha berasal dari ISI Padang Panjang, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Jambi, Universitas Jember, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Lampung, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Meda, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Siliwangi, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Sriwijaya, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Tidar, Universitas Negeri Surabaya. Pelaksanakan program ini menjadi ruang bagi mahasiswa untuk meningkatnya wawasan kebangsaan dapat meningkatkan integritas, solidaritas, dan perekat kebangsaan antar-mahasiswa se- Indonesia.