Penyebaran Coronavirus di Indonesia terus meluas membuat Alat Pelindung Diri (APD) sulit didapatkan oleh para tenaga medis. Hari ini (21/04/2020) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ikut andil dengan memberi bantuan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KRMT Wongsonegoro Semarang dan Rumah Sakit Umum William Booth Semarang dalam penanganan pandemik Coronavirus atau Covid-19.

Bantuan mulai dari Alat Pelindung Diri (APD), face shieldhand sanitizer yang merupakan karya Udinus diberikan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KRMT Wongsonegoro Semarang dan Rumah Sakit Umum William Booth Semarang. Diberikan juga makanan dan minuman untuk penunjang kesehatan para tenaga medis juga diberikan seperti susu hingga makanan bergizi oleh Udinus.

Secara simbolis bantuan diberikan langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si kepada Manager Umum untuk RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang, Martha Siagian. Sedangkan untuk Rumah Sakit Umum William Booth Semarang, diberikan langsung oleh Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Udinus, Dr. St. Dwiarso Utomo, SE, M.Kom, Akt, CA dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM kepada Staf Sub bagian, Pramuda Priya.

Dalam keterangannya, Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si mengatakan penyerahan bantuan kepada rumah sakit sebagai bentuk dukungan kepada para tenaga medis menghadapi Covid-19. Sebelumnya Udinus juga telah memberikan bantuan kepada rumah sakit di Kota Semarang seperti RSUD Tugurejo Semarang dan RSUP Kariadi.

Pada bantuan kali ini pemberian bantuan kepada dua rumah sakit tersebut, dimana setiap rumah sakit diberikan sekitar 100 Face shield, 50 botol Hand sanitizer 50 Hazmat APD, 50 masker, ratusan roti, snack dan susu. “Ini upaya kami untuk membantu para tenaga medis di seluruh Kota Semarang. Karena mereka memang langsung bersinggungan dengan pasien positif penyakit Covid-19 yang belum ditemukan antivirusnya,” kata Supriadi saat memberikan keterangan terkait bantuan APD dan berbagai bantuan lainnya kepada rumah sakit.

Dalam pemberian bantuan kepada tenaga medis, berbagai APD diproduksi sendiri oleh Universitas Dian Nuswantoro Semarang dengan melibatkan fakultas yang ada di Udinus. Dua diantaranya yakni face shield diproduksi oleh Fakultas Teknik Udinus, sedangkan untuk hand sanitizer langsung diproduksi oleh Fakultas Kesehatan Udinus. Pada hari yang sama juga dosen-dosen Fakultas Kesehatan Udinus, juga membagikan kepada masyarakat di kawasan pesisir Tambak lorok kota Semarang, di wilayah Tambak Rejo dan Tambak Mulyo.

Sementara itu, Manager Umum (RSUD) KRMT Wongsonegoro Semarang, Martha Siagian berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Udinus. Bantuan tersebut sangat membantu karena dalam penanganan Covid-19, pihaknya membutuhkan banyak sekali APD untuk para tenaga medis. Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap menggunakan masker dan tetap mengikuti anjuran pemerintah. “Kami dalam menangani 1 pasien membutuhkan sekitar 20 APD dan para tenaga medis di bagian Unit Gawat Darurat (UGD) sudah kami anjurkan untuk menggunakan APD,” pungkasnya.