Siaran Pers
IPB University
No 236/SP.BIRKOM.IPB/III/2020
Bogor, 18 Maret 2020

Jumlah penderita positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Berdasarkan data yang diumumkan Pemerintah RI, per tanggal 17 Maret 2020, sudah ada 172 pasien yang positif Covid-19, 7 meninggal dunia dan 9 pasien yang sembuh. Ribuan orang ingin memeriksakan dirinya ke rumah sakit yang dianjurkan.

Untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid 19, Divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Epidemiologi, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB University berikan tujuh lagkah sederhana yang bisa diterapkan masyarakat.

Tujuh langkah sederhana tersebut adalah:

1. Menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti konsumsi makanan bersih dan sehat, olahraga yang teratur dan membuang sampah pada tempatnya.

2. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, minimum 30 detik pada saat: sebelum dan sesudah makan, setelah memegang hewan, benda atau permukaan yang kotor.

3. Jika batuk atau bersin: tutup mulut dengan lengan atas atau tisu dan tisu dibuang pada tempat sampah.

4. Mengunakan masker jika sedang sakit flu atau batuk.

5. Jika demam atau ada gejala flu, segera lakukan pemeriksaan ke klinik IPB University atau ke klinik kesehatan terdekat.

6. Sebaiknya tidak berjabat tangan (bersalaman) dan menempelkan wajah saat bertemu, cukup dengan menangkupkan kedua telapak tangan di depan dada.

7. Hindari tempat-tempat ramai dan kerumunan masyarakat jika tidak ada kebutuhan mendesak.

KITA WAJIB WASPADA

TETAPI TIDAK PERLU PANIK