#Siaran Pers Kemristekdikti
Nomor 36/SP/HM/BKKP/IV/2017

Sebagai salah satu kementerian yang mempunyai tanggung jawab dan mengemban amanah dalam memajukan pendidikan, terutama pendidikan tinggi di Indonesia, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi turut andil dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di tahun 2017 ini.

Seperti diketahui Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) selalu diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Hardiknas yang kita peringati tentu bukan hanya untuk mengenang perjuangan dan jasa besar Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia, namun peri n gata n i ni j uga merupakan momentum dan sekaligus refleksi dari berbagai upaya yang telah dan sedang dilakukan dalam melaksanakan berbagai program untuk memajukan pendidikan, khususnya mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Tema yang dicanangkan oleh Kemenristekdikti pada tahun ini adalah “Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi”.

Tema ini dipilih untuk menegaskan agar sekarang tibalah saatnya perguruan tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma pendidikan tinggi supaya lebih memperhatikan dampak dari aktivitasnya terhadap pengembangan ekonomi, terutama ekonomi di daerahnya. Dengan kata lain, perguruan tinggi lebih dapat memerankan dirinya sebagai agent of economic development disamping agent of education dan agent of research and development.

Selain itu, tema tersebut diambil dengan dasar bahwa Kemenristekdikti sampai saat ini telah banyak menghasilkan lulusan yang mengambil peran penting dalam pembangunan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga daya saing bangsa terangkat lebih tinggi.

Tema tersebut juga mengingatkan kita bersama akan arti penting pemerataan di bidang Pendidikan. Pendidikan, khususnya pendidikan tinggi kini tak hanya milik orang per orang, tapi kini menjadi milik bersama seluruh masyarakat Indonesia. Akses ke perguruan tinggi dan penguatan lulusan perguruan tinggi yang kompeten terus dikembangkan oleh Kemenristekdikti.

Hardiknas pada tanggal 2 Mei tahun ini akan dipusatkan oleh Kemenristekdikti di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Jawa Timur. Peringatan Hardiknas akan dimulai dengan pelaksanaan upacara bendera peringatan Hardiknas yang dilaksanakan di lapangan stadion milik ITS, yang akan menghadirkan sekitar 5.000 peserta upacara.

Selanjutnya puncak acara Hardiknas akan dilaksanakan di gedung Pusat Riset ITS yang akan diresmikan oleh Menristekdikti Mohamad Nasir, dimana pada tempat tersebut juga akan diluncurkan beberapa program unggulan baru kementerian, antara lain adalah :
(1) Teaching Industry;
(2) Pendidikan Profesi Guru (PPG);
(3) Portal Kinerja Publikasi Ilmiah Dosen;
(4) Rekognisi Pembelajaran Lampau;
(5) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI);
(6) SISTER (Sistem Informasi Terintegrasi); dan
(7) Grand Desain SDM Tenaga Kependidikan, Insinyur, dan Kesehatan.

Dalam rangka kegiatan puncak acara Hardiknas, Menristekdikti akan mengunjungi pameran pendidikan yang terdiri dari beberapa produk-produk inovatif dari Perguruan Tinggi yang berada di sekitar wilayah Jawa Timur.

Peringatan Hardiknas juga dilaksanakan serentak di seluruh PTN dan Kopertis se-Indonesia.

Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi