Semarang – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir meresmikan gedung baru laboratorium kewirausahaan dalam rangka Dies Natalies ke-56 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro.  Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sujatmoko dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad yang juga sekaligus sebagai Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Undip pun ikut hadir dalam acara yang berlangsung di Kampus Undip Tembalang, senin (14/3).

Rektor Undip, Yos Johan Utama mengatakan, “FEB berada pada tahap yang mulai matang, artinya harus lebih banyak yang dihasilkan oleh Undip diantaranya adalah alumni-alumni yang kompeten di bidangnya dan produk-produk kewirausahaan yang produktif. FEB merupakan salah satu pionir dimana program studinya mendapatkan akreditasi internasional. Ini harus dicontoh oleh Fakultas yang lain.”

Menristekdikti memberikan orasi ilmiah dalam acara peresmian tersebut. Nasir menjelaskan bahwa Perguruan tinggi di Indonesia harus mencari terobosan dan inovasi untuk menjadi perguruan tinggi kelas dunia. “Tingginya daya saing bangsa bisa ditingkatkan dengan Sumber Daya Manusia yang juga harus baik. Hal itu modal utama untuk bersaing di tingkat dunia. Contoh adalah dosen yang harus didorong menjadi Doktor dan publikasinya yang juga harus tinggi”, ujarnya.

“Saya sangat mengapresiasi di FEB Undip memiliki laboratorium kewirausahaan. Ini harus ditularkan kepada Fakultas yang lain, terutama di Fakultas yang membidani Pertanian, Peternakan, Kesehatan dan Kemaritiman. Ini menjadi akar pengembangan riset di Perguruan Tinggi dan Indonesia”, ungkapnya. Nasir juga memberikan pesan khusus kepada ketua Lembaga Penelitian Undip agar meningkatkan produk-produk kewirausaahaan agar bisa bersaing di tingkat internasional. Hal itu menjadi nilai Undip bila ingin bersaing di tingkat nasional dan internasional.

“Saya akan mendukung Undip untuk semakin maju dan meningkatkan ranking Perguruan Tingginya di Indonesia dan internasional”, harapnya.

Pada acara yang sama juga digelar pameran kewirausahaan yang menampilkan produk-produk hasil kewirausahaan dari para mahasiswa-mahasiswi Undip. (dzi/bkkp)

Galeri