Jakarta – Sebagai tindak lanjut dari penandatangan naskah kerja sama antara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Badan Antariksa Inggris (UKSA) pada 2015, LAPAN mengadakan “Workshop on UK Satellite and Surveillance Capabilities in Broader Maritime Applications in Indonesia” bekerjasama dengan Kedutaan Besar Inggris dan UKSA di Balai Pertemuan Dirgantara LAPAN Jakarta, Selasa (1/3).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, diikuti oleh 80 instansi pemerintah maupun swasta Indonesia dan Inggris. Workshop diadakan untuk mengetahui dan menggali potensi kerja sama antara Inggris dan Kementerian/lembaga/instansi Pemerintah Indonesia dan swasta pada umumnya, dan antara LAPAN dan UKSA pada khususnya.

Dengan adanya Workshop ini, maka terlaksana kegiatan kerja sama yang nyata antara Indonesia dengan Inggris di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa. LAPAN pun meningkatkan kapasitas dirinya sekaligus sebagai sarana untuk transfer teknologi.

Selain itu, dengan adanya kolaborasi ini adalah salah satu upaya untuk memajukan kemaritiman melalui teknologi antariksa, dan juga untuk mengetahui apa saja yang bisa ditawarkan pemerintah Inggris dalam hal teknologi satelit untuk memenuhi kebutuhan institusi pemerintah dan swasta.