Jakarta – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir menargetkan tahun 2016 ini ada satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masuk ke 500 besar perguruan tinggi dunia. Hal ini disampaikan Menristekdikti dalam Media Gathering bertempat di auditorium Gedung D Kemristekdikti, Senayan, Jakarta, Rabu (29/06).

Saat ini PTN di Indonesia yang masuk ke dalam 500 besar perguruan tinggi dunia adalah Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Menurut QS World University Rankings pada tahun 2015/2016, Universitas Indonesia (UI) berada di urutan 358 dan ITB berada di rangking 431-440.

“Kami menargetkan tahun 2016 ini ada satu perguruan tinggi negeri yang masuk dalam 500 perguruan tinggi terbaik dunia, yang akan kami targetkan adalah Universitas Gadjah Mada (UGM),” ujar Menteri Nasir.

Kemudian, Kemristekdikti juga akan menargetkan Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi 500 besar perguruan tinggi terbaik dunia tahun 2018 dan Universitas Airlangga tahun 2019.

Ditjen Kelembagaan Iptek Dikti juga memiliki target menambah jumlah perguruan tinggi yang berakreditasi unggul (A) menjadi 39 perguruan tinggi. Sekarang ini baru ada 26 perguruan tinggi yang sudah terakreditasi A. Lima diantaranya adalah IPB, ITB, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Airlangga, dan UI.

Jumlah Taman Sains dan Teknologi (TST) yang akan dibangun Ditjen Kelembagaan Iptek Dikti di bawah Kemristekdikti juga akan ditingkatkan. Sementara ini baru ada 60 TST, Kemristekdikti menargetkan 100 TST pada tahun ini. (bkkp)

Galeri