Tangerang – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir menghadiri acara peresmian Universitas Prasetiya Mulya yang juga sekaligus pengenalan Djisman Simandjuntak  sebagai Rektor pertama. Acara ini berlangsung di Gedung Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kamis (17/3/2016).

Dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sejak akhir tahun pun menjadikan Universitas Prasetiya Mulya yang dulunya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) semakin mantap mendorong munculnya para wirausahawan. Terlebih dengan semakin ketatnya persaingan tenaga kerja dan pasar pasca MEA.

“Sejalan dengan fenomena yang terjadi secara global, Indonesia mulai memerlukan reformasi pola pendidikan. Universitas harus menjadi katalisator untuk kehidupan yang lebih baik, tidak hanya saat ini, tapi juga di masa depan,” jelas Djisman Simandjuntak pada sambutan di acara yang bertema “Bakti Prasetiya Mulya: Kolaborasi dan Kontribusi bagi Kemajuan Bisnis Indonesia”.

Djisman juga menambahkan dirinya yakin para wirausahawan serta pemimpin inovatif yang dihasilkan oleh Universitas Prasetiya Mulya akan mampu menjaga dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi tetap optimal.

Menristekdikti yang juga memberikan orasi ilmiah dalam acara peresmian tersebut berpendapat bahwa transformasi pendidikan pendidikan yang begitu cepat pada situasi sekarang, sudah tidak lagi bicara perguruan tinggi itu hanya pada proses pembelajaran di internal saja.

“Ini sudah eranya kompetisi. Sudah eranya kita untuk meningkatkan kualitas serta memenangkan persaingan. Harapan saya lulusan Universitas Prasetya Mulya mampu melakukan inovasi dan kreasi untuk meningkatkan daya saing untuk menghadapi Asian Economic Community,” tegas Nasir.

Dalam orasi ilmiahnya Nasir menyampaikan Kemristekdikti ingin mendorong bersama Dewan Riset Nasional (DRN) mengenai riset-riset pengembangan ilmu pengetahuan yang terkait dalam beberapa bidang yaitu;  Bidang Pangan dan Pertanian, Bidang Kesehatan dan Obat-obatan, Information Technology and Communication, Bidang Transportasi, Bidang Nanoteknologi, Bidang Pertahanan, dan Bidang Kemaritiman.

Pada acara yang sama juga digelar pameran dalam rangka pengenalan program magister-S2 dan program studi sarjana-S1 yang dibuka di Universitas Prasetiya Mulya. (ard/bkkp)

Galeri