JAKARTA – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M. Nasir mengucapkan selamat kepada seluruh siswa yang lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2015.

Dalam pernyataanya, M. Nasir mengimbau kepada siswa yang dinyatakan lolos untuk memanfaatkan kesempatan yang telah diraih dengan belajar secara serius di perguruan tinggi yang menjadi pilihannya. “Jangan sia-siakan kesempatan emas yang berhasil diraih. Jadikan itu sebagai langkah awal untuk meraih cita-cita dengan lebih serius lagi belajar di perguruan tinggi,” ujarnya, di Jakarta, Senin (11/5/2015).

Menteri M. Nasir, yang juga mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) ini berpendapat, siswa yang lolos SNMPTN adalah mereka yang terseleksi secara ketat yang didasarkan pada standarisasi penilaian khusus.

“Ujian Nasional (UN) memang bukan menjadi syarat mutlak penentu masuk PTN. Namun, semua kita konversikan, termasuk melihat hasil rapor siswa dari kelas satu hingga kelas tiga di SMA atau sederajat,” tegasnya.

Selain memberikan selamat datang kepada para calon mahasiswa yang dinyatakan lolos dalam SNMPTN tahun 2015, Menteri Nasir juga memberikan semangat kepada calon mahasiswa yang belum lolos. Menurutnya, masih banyak jalur lain yang bisa ditempuh oleh calon mahasiswa untuk masuk perguruan tinggi yang diimpikan.

“Siapapun yang belum berkesempatan lolos di SNMPTN harap jangan putus asa. Karena masih ada kesempatan lain melalui jalur SBNMPTN atau seleksi mandiri yang dilakukan di masing-masing perguruan tinggi,” harapnya.

Menteri Nasir pun berharap kepada calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri agar mempersiapkan dirinya dengan baik. “Belajar dengan tekun, jangan lupa berdoa kepada Allah dan minta restu sama orangtua. Insya Allah hasilnya akan maksimal,” katanya.

Perlu diketahui, sebanyak 137.005 siswa pendaftar lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2015. Persentase jumlah pendaftar yang lolos SNMPTN mencapai 16,08 persen dari total pendaftar sebanyak 852.093 siswa. Klasifikasi dari jumlah pendaftar SNMPTN 2015 terdiri dari 617.507 siswa dari SMA, 93.572 siswa MA, dan 141.014 siswa SMK.

(ful)

Sumber : http://news.okezone.com/read/2015/05/11/65/1147879/menteri-nasir-ucapkan-selamat-ke-siswa-lolos-snmptn