Dalam rangka meningkatkan investasi litbang nasional, Asdep Investasi Iptek melakukan diskusi di LPPM Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat pada tanggal 20 Mei 2015. Diskusi tersebut  bertujuan untuk mengidentifikasi isu-isu kebijakan peningkatan investasi litbang nasional khususnya di Provinsi Sumatera Barat. Acara diskusi dihadiri oleh stakeholder litbang terkait antara lain Bappeda Prov. Sumatera Barat, peneliti Universitas Andalas, serta pihak industri yang diwakili oleh PT Citra Nusantara Mandiri.

Dalam paparannya Asisten Deputi Investasi Iptek, menjelaskan bahwa peningkatan pengeluaran litbang menuju 1% PDB tidak akan tercapai tanpa adanya peran serta pemerintah daerah, perguruan tinggi, dan industri. Selama penyeleranggaran diskusi, para peserta secara antusias menyampaikan kondisi pengembangan litbang di Provinsi Sumatera Barat, isu – isu kebijakan terkait peningkatan investasi litbang, serta upaya-upaya yang perlu dilakukan.

Berdasar hasil diskusi langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain : Pemerintah daerah dapat menyusun kebijakan dan instrumen kebijakan untuk meningkatkan investasi litbang sesuai dengan kondisi daerah. Kebijakan tersebut dapat berupa pembangunan Science Techno Park (STP) / Science Park (SP) / Techno Park (TP) sebagai wadah intermediasi yang terdiri dari ABG  ( Academic, Business, Government ) sehingga invensi yang telah dihasilkan dapat dihilirisasi ke pihak pengguna / dunia usaha. Upaya lain yang perlu dilakukan adalah pendataan dan pencataan pengeluaran pembiayaan litbang daerah secara berkelanjutan.
Dengan upaya tersebut besaran investasi litbang di Pemprov Sumbar dapat menyumbang peningkatan investasi litbang nasional.

Selain itu, Asdep Investasi Iptek juga mensosialisasikan peringatan Hakteknas ke 20 pada tanggal 10 Agustus, dengan  harapan  perguruan Tinggi,  industri  dan masyarakat di Sumatera Barat dapat ikut serta dalam kegiatan peringatan Haktekna ke 20. (ad1-dep2/humasristek)