Asisten Deputi Kompetensi Kelembagaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi selama periode 9 April-4 Mei telah melakukan kegiatan supervisi terhadap 23 lembaga litbang yang masuk dalam kegiatan Pusat Unggulan Iptek (PUI) yaitu lembaga litbang yang terpilih pada Tahun Anggaran 2012, 2013, dan 2014. Kegiatan Supervisi merupakan rangkaian dari kegiatan pembinaan PUI.

Tim yang melakukan supervisi adalah terdiri dari Tim Pelaksana PUI Kementerian Ristekdikti ditambah dengan Tim Supervisi yang merupakan pakar independen yang berasal dari Perguruan Tinggi, Lembaga Litbang, dan Asosiasi Perusahaan, Profesi, atau Industri.  Kegiatan supervisi ini bertujuan mendorong percepatan capaian output pengembangan Pusat Unggulan Iptek dengan memperhatikan sasaran yang ditetapkan dan membantu penyelesaian masalah operasional yang dihadapi oleh lembaga litbang PUI.

Dalam pelaksanaannya, Tim Supervisi yang diwakili oleh Tim Pelaksana PUI memaparkan maksud dan tujuan kegiatan supervisi yang diikuti dengan tanya jawab agar kegiatan supervisi dan pembinaan selanjutnya dapat berjalan dengan baik. Kemudian Lembaga PUI menyampaikan visi-misi, rencana kerja termasuk di dalamnya roadmap kegiatan, permasalahan dan kendala yang ada di lembaga, serta terakhir melaporkan capaian kinerja selama 3 bulan pertama di Tahun 2015. Selanjutnya Tim Supervisi menyampaikan pandangan dan beberapa alternatif penyelesaian masalah dan kendala untuk tindak lanjut. Kegiatan diakhiri dengan melakukan kunjungan lapang untuk melihat berbagai fasilitas yang dimiliki lembaga PUI, baik yang bersifat indoor maupun outdoor.

Berdasarkan hasil pelaksanaan supervisi terhadap 23 lembaga PUI, umumnya lembaga PUI telah menunjukkan kinerja yang baik dan bahkan ada beberapa indikator output yang telah tercapai, di samping masih ada juga lembaga yang belum menunjukkan kinerja yang diharapkan. Terhadap lembaga yang kinerjanya belum seperti yang diharapkan tersebut, Tim Supervisi telah memberikan masukan dan solusi terhadap kendala yang dihadapi dalam upaya mencapai output yang telah disepakati. Seluruh masukan, arahan, langkah-langkah solutif yang disampaikan oleh Tim Supervisi dituangkan dalam Berita Acara Supervisi untuk selanjutnya dijadikan dasar untuk proses pembinaan selanjutnya.

Pada akhir acara supervisi disepakati juga bahwa selanjutnya proses supervisi akan terus dilakukan antara lain melalui email, telpon, atau kunjungan sesuai dengan yang disepakati dan dilaporkan kepada Tim Pelaksana PUI Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (SMP/ADKK/Humas-Ristek)