Bandung, 7 Mei 2015 Kemenristekdikti mengadakan acara Kick Off Program Nasional Pengembangan 100 Science Techno Park (STP) di Convention Hall Bandung Science Techno Park (BSTP). Menristekdikti bersama Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan secara resmi meluncurkan program 100 STP di acara tersebut.

Program ini dilaksanakan sesuai dengan amanat yang tercantum dalam program Nawa Cita pemerintahan Presiden RI Bapak Jokowi. Menurut RPJMN 2015-2019, Pemerintah menetapkan arah kebijakan dan strategi pembangunan bidang iptek dalam rangka Pembangunan 100 Techno Park di kabupaten/kota dan Science Park di setiap provinsi.

STP merupakan kawasan yang dikelola oleh manajemen professional untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan melalui penguasaan, pengembangan, dan penerapan iptek yang relevan. Pembangunan Taman Sains dan Teknologi Nasional diarahkan berfungsi sebagai pusat pengembangan sains dan teknologi maju, pusat penumbuhan wirausaha baru di bidang teknologi maju, dan pusat layanan teknologi maju ke masyarakat.

Dalam acara kick-off ini, juga dilaksanakan penandatangan komitmen kesiapan pembangunan STP oleh calon lokasi STP yang dikembangkan oleh Kemenristekdikti serta penandatangan MoU antara berbagai pihak diantaranya Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, BATAN, BPPT, LIPI, dengan pemerintah kabupaten/kota dan perguruan tinggi. Komitmen dan dukungan jangka panjang berbagai pihak mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi menjadi faktor kunci suksesnya program STP nasional.

“Kami sangat mengharapkan kegiatan ini terus berkelanjutan, jangan sampai seperti menggarami air laut. Karenanya, kami mengajak semua pihak untuk bersinergi, bersatu padu mewujudkan apa yang kita cita-citakan bersama ini,” ujar Menristekdikti pada sambutannya. (flh/humasristek)