Dalam rangka sosialisasi dan survei lokasi alternatif peringatan Hakteknas ke-20, panitia Hakteknas ke-20 mengunjungi PT PAL dan ITS pada Jumat, 8 Mei 2015.

Rombongan diketuai Deputi Bidang Sumber Daya Iptek, Dimyati dengan didampingi Asisten Deputi Investasi Iptek, Wisnu Sardjono; Asisten Deputi Sarana Prasarana Iptek, Asih Setiawati; Asisten Deputi Legislasi Iptek, Kemal Prihatman; Asisten Deputi Kekayaan Intelektual dan Standardisasi Iptek, Didik Notosudjono; Asisten Deputi Budaya dan Etika, Heri Widyawati; dan Kasubbag Publikasi dan Dokumentasi, Masluhin Hajaz. Sedangkan dari PT PAL dihadiri Direktur Desain dan Teknologi, Saiful Anwar didampingi staf dan humas PT PAL.

Paparan dari PT PAL diawali company profile dan produk-produk PT PAL dari kapal dan jasa mulai dari pembuatan kapal perang KCR ( Kapal Cepat Rudal) pesanan TNI AL dan pemerintahan Filipina, kerjasama dengan PT Daewoo dalam pembuatan kapan selam, kapal kargo, jasa overhoul kapal, pembuatan rig pengoboran minyak.

Berikutnya, gilitan paparan Hakteknas ke-20 oleh Bapak Dimyati, dimulai dari latar belakang peringatan Hakteknas setiap tanggal 10 Agustus, tema Hakteknas ke-20, rangkaian kegiatan dan peran serta dukungan stakeholder pelaku litbang baik di pemerintahan, swasta dan lingkungan pendidikan tinggi. Dalam paparannya, ketua rombongan menyampaikan bahwa sesuai dengan tema “Inovasi Iptek untuk Daya Saing Bangsaā€¯ dengan subtema Pangan, Energi dan Maritim, maka pilihan lokasi yang diharapkan adalah yang terkait dengan kemaritiman, maka PT PAL dengan aneka produk kapalnya dijadikan salah satu alternatif lokasi peringatan Hakteknas ke-20 ini.

Dalam kesempatan ini, panitia mendiskusikan beberapa hal, antara lain: 1). Apakah ada lokasi di dalam PT PAL yang bisa dijadikan lokasi penyelenggaraan Hakteknas ke-20?; 2). Apakah PT PAL bisa memobilisasi kapalnya ke lokasi Hakteknas ke-20 seandainya lokasinya di luar Surabaya?. Dalam diskusi berkembang pertanyaan kemungkinan adanya produk PT PAL yang akan di-launching sekitar bulan Agustus dan bisa dijadikan icon dalam acara Hakteknas ke-20.

Setelah berdiskusi selama satu jam, acara dilanjutkan dengan kunjungan rombongan ke area produksi dan galangan kapal di PT PAL. Rombongan sempat melihat kapal KCR milik TNI AL yang sedang bersandar di dermaga dan melihat-lihat lokasi yang mungkin bisa dijadikan tempat acara puncak Hakteknas ke-20. Rombongan selanjutnya meluncur ke ITS. (hz/humasristek).