Surat Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Nomor: 3553/E.E2.4/LN/2015
Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia

Program Bantuan Fasilitasi Kerja Sama Internasional (BFKSI) Perguruan Tinggi yang dimulai sejak tahun 2011 merupakan salah satu komitmen Ditjen Dikti untuk memberikan dukungan kepada perguruan tinggi di Indonesia dalam pengembangan kerja sama perguruan tinggi. Pada tahun 2015, Ditjen Dikti kembali memberikan kesempatan bagi perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti program BFKSI perguruan tinggi untuk program Gelar Bersama (Tema A), Gelar Ganda (Tema B), Ambil Kredit atau Alih Kredit (Tema C) dan Konsorsium Pertukaran Mahasiswa Nusantara (Tema D) sesuai dengan Panduan terlampir, dengan rincian sebagai berikut :

  1. Tema A :Penguatan Kelembagaan dalam Penyelenggaraan Kerja Sama Internasional Gelar Bersama – dengan nilai hibah Rp 000.000,- per PT untuk kerja sama dengan Universitas di Korea Selatan, RRT, Jepang, Taiwan dan Selandia Baru (zona I), dan Rp 100.000.000,- per PT untuk kerja sama dengan Universitas di Amerika Serikat, Kanada, dan Uni Eropa (zona II).
  2. Tema B :Penguatan Kelembagaan dalam Penyelenggaraan Kerja Sama Internasional Gelar Ganda – dengan nilai hibah Rp 75.000.000,- per PT untuk kerja sama dengan Universitas di Korea Selatan, RRT, Jepang, Taiwan dan Selandia Baru (zona I), dan Rp 000.000,- per PT untuk kerja sama dengan universitas di Amerika Serikat, Kanada, dan Uni Eropa (zona II).
  3. Tema C :Penguatan Kelembagaan dalam Penyelenggaraan Kerja Sama Internasional Kegiatan Alih atau Ambil Kredit – dengan nilai hibah Rp 50.000.000,- per PT di zona I dan zona II. Khusus untuk program studi Keperawatan, perguruan tinggi dapat mengajukan kerja sama dengan perguruan tinggi mitra yang berasal dari negara Filipina, selain negara-negara yang tersebut sebelumnya.
  4. Tema D: Untuk tahun 2015, khusus bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkesempatan untuk mengembangkan kegiatan Konsorsium Pertukaran Mahasiswa Nusantara yang bersifat Alih atau Ambil Kredit yang dikhususkan untuk jenjang Sarjana dan Diploma yang dilakukan sebagai pilot pengembangan pertukaran mahasiswa lebih luas yang dapat mencakup skala nasional maupun internasional. Konsorsium pertukaran mahasiswa yang terdiri dari minimal 3 (tiga) PTN dengan memperhatikan keterwakilan PTN berdasarkan Region I (Jawa dan Bali), Region II (Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara) dan Region III (Sulawesi, Maluku dan Papua). Ditjen Dikti mengalokasikan dana hibah – dengan nilai hibah maksimum Rp. 50.000.000. Proposal diajukan oleh salah satu PTN yang ditunjuk sebagai Ketua (leader) dalam konsorsium yang dibentuk.

Proposal usulan BFKSI tersebut harus sudah kami terima selambat-lambatnya tanggal 12 Juni 2015 pada pukul 12.00 WIB dengan alamat :

Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama
U.p. Kasubdit Kerja Sama Antar Lembaga
Direktorat Kelembagaan dan Kerja Sama
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Gedung D Lt. 6
Jalan Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan Jakarta 10270

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdr. Puguh Hadi dengan alamat surel pghadi87@gmail.com.

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 12 Mei 2015
Direktur Kelembagaan dan Kerjasama

Ttd.

Hermawan Kresno Dipojono
NIP. 19560207 198010 1 001

 

Surat Penawaran Selengkapnya

Panduan BFKSI Tahun 2015