Program KKNT Covid-19 dan Literasi dan Numerasi

Nomor : 1584/E2/KM/2020 22 Juli 2020
Lampiran : Satu lembar

Yth.
1. Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan
2. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I – XIV

Menidaklanjuti upaya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud dalam penanganan COVID-19 melalui program Relawan Covid-19 Nasional (RECON) dan sebagai implementasi Tridharma perguruan tinggi melalui kebijakan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar, Ditjen Dikti Kemendikbud berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesi (AIPKI), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) dan dengan dukungan dari berbagai stakeholders, akan menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang terkait dengan Covid-19 dan literasi dan numerasi. KKNT ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi perguruan tinggi, pemerintah dan stakeholders (hingga tingkat wilayah) dalam upaya penanganan Covid-19, khususnya untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran tentang Adaptasi Kebiasaan Baru untuk masyarakat. KKNT ini diharapkan dapat mendorong kontribusi konkrit mahasiswa sebagai agent of change untuk mewujudkan masyarakat yang aman dan produktif dalam menghadapi pandemi. \

ghadapi pandemi. KKNT menjadi bagian dari program KKN perguruan tinggi yang dapat diapresiasi dengan pengakuan kredit (sks) dan sertifikat pengabdian kepada masyarakat. Peserta KKNT yang merupakan mahasiswa bidang kesehatan atau mahasiswa bidang lain dapat memilih tiga jenis KKNT, yaitu KKNT Covid-19 secara daring, KKNT Covid-19 secara luring dan KKNT Literasi dan Numerasi untuk murid SD. Peserta KKNT akan mendapatkan pembekalan secara nasional dari Ditjen Dikti sebelum pelaksanaan KKNT yang direncanakan mulai pertengahan Agustus 2020. Dalam rangka memberikan informasi lebih lanjut mengenai program KKNT ini, Ditjen Dikti mengundang Bapak dan Ibu untuk mengikuti sosialisasi program KKNT yang akan dilaksanakan pada :

Hari, Tanggal : Jumat, 24 Juli 2020
Waktu : 15:00 – 16:00 WIB
Media : Zoom Meeting (ID : 880 6057 6108; Password : covid19)
Youtube Live Streaming (bit.ly/kanalyoutubedikti)

Pimpinan perguruan tinggi harap dapat mengoordinir mahasiswa yang berminat mengikuti KKNT ini dengan mengisi tautan bit.ly/formpemetaankkn. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman RECON : relawan.kemdikbud.go.id, atau menghubungi tim KKNT melalui Whatsapp Chat, Sdr. Febri 085155040575 atau Sdr. Aditia 082297441924.

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami mengucapkan terima kasih.

Direktur Pembelajaran dan
Kemahasiswaan,

TTD

Aris Junaidi
NIP 196306041989031022

Tembusan:
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi